© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGUJIAN PENGGUNAAN PENGHEMAT BAHAN BAKAR DARI PRODUK FEMAX TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BENSIN
Penulis
MUHAMMAD FAUZI
Pembimbing : Teguh Wibowo, ST., MT - B. Mardwianta, ST., MT

ABSTRAK :
Semakin meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia berdampak meningkatnya konsumsi bahan bakar, sedangkan kita ketahui bahwa persediaan bahan bakar semakin menipis, Hal ini mendorong manusia untuk dapat menghemat bahan bakar, Karena bahan bakar merupakan hasil dari pengolahan minyak bumi yang tidak dapat diperbaharui., salah satu alat penghemat bahan bakar yang sudah digunakan adalah FEMAX. Dalam metode pengolahan data ini untuk mengetahui bagaimana peforma mesin bensin dengan atau tanpa penghemat bahan bakar dengan melakukan pengujian torsi dan daya, untuk mengetahui konsumsi bensin hemat atau boros maka dilakukan perhitungan specifil fuel consumption (sfc). Dengan menggunakan mesin mobil Toyota Kijang 5K 1496 dari putaran mesin 2500 rpm dan dengan menurunkan putaran mesin dengan pembebanan secara bertahap hingga putaran mesin berkurang 500 rpm. Dengan cara yang sama tetapi dengan perbandingan penggunaan penghemat bahan bakar dan tanpa penghemat bahan bakar sehingga di peroleh kesimpulan. Hasil pengujian menunjukan bahwa : nilai torsi maksimal didapat pada mesin bensin dengan menggunakan penghemat bahan bakar yaitu pada putaran mesin 3309 rpm Torsi maksimal yang dihasilkan adalah 84,60 Nm, sedangkan mesin tanpa penghemat bahan bakar yaitu pada putaran mesin 2551 rpm torsi maksimal yang dihasilkan adalah 79,21 Nm dan nilai Daya maksimal mesin menggunakan penghemat bahan bakar yaitu pada putaran mesin 3733 rpm daya maksimal yang dihasilkan adalah 42,52 Hp, sedangkan mesin tanpa penghemat bahan bakar pada putaran mesin 4072 rpm daya maksimal yang dihasilkan adalah 40,34 Hp. sedangkan laju konsumsi bahan bakar sebagai fungsi putaran dengan alat penghemat bahan bakar yaitu pada putaran mesin 3309 rpm nilai sfc terendah yang dihasilkan 0,1871 (Kg/Hp jam), sedangkan tanpa penghemat bahan bakar yaitu pada putaran mesin 4070 rpm nilai sfc terendah yang dihasilkan 0,233 (Kg/Hp jam), ini membuktikan hemat bahan bakar. Kata Kunci : Motor 4 Tak, Femax, Performa mesin, torsi, daya, konsumsi bahan bakar, mesin bensin


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD FAUZI
NIM : 09040007
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024