ABSTRAK :
Converter kit, sesuainamanya yang berarti “alatkonversi”,
adalahalatuntukmengalihkan system BBM (bahanbakarminyak) ke BBG
(bahanbakargas/LPG).LPGdigunakansebagai alternative bahanbakarsepedamotor
karenamudahdiperolehdipasaran.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmemperolehdataperb
andinganperformamesinsepedamotorberbahanbakarLPG denganconverter kit
menggunakanvacumvalve.PenelitiandilakukandenganbahanbakarLPGdenganconverter
kit menggunakanvacum valvedanconverter
valvepadasepeda motorYamaha Vega R 110 cc
Padapenelitianinidilakukanpengujianconverter
kit tidakmenggunakanvacum
kit menggunakanvacum
valvepadasepeda motor 4 takberbahanbakar LPG,
kemudiandilakukanujiunjukkerjauntukmengetahuitipepropotipedanmendapatkan model
modifikasikarburator system bahanbakar LPG terhadapsepeda motor 4
takdenganconverter kit menggunakanvacum valve.
BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanbahanbakarLP
Gconverter kit menggunakanvacum valvemengalamikenaikannilai torsi danconverter
kittidakmenggunakanvacum valvemengalamipenurunannilaitorsi
dandaya.Hasilpengujian torsi dandayadenganconverter kit menggunakanvacum
valveditunjukandengantorsisebesar 5,12 Nm padaputaranmesin 5500
RPMdandayasebesar 5,4 Hppadaputaranmesin 9500 RPM.
Sedangkanhasildaripenelitian torsi dandayaconverter kit tidakmenggunakanvacum
valvedi dapat torsi sebesar 4,18 Nm padaputaranmesin 5500 RPM
danmenghasilkandayasebesar 3,3 Nm padaputaranmesin 6000 RPM. Unjukkerja yang
dihasilkansepeda motor berbahanbakar LPGdenganconverter kit menggunakanvacum
valvelebihbagusdaripadaunjukkerjasepeda motor berbahanbakar LPG converter
kittidakmenggunakanvacum valve.
Katakunci:LPG,ConverterKits,Daya, Torsi danChasisDynamometer
|