ABSTRAK :
Dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan manusia akan energi semakin hari
semakin meningkat. Penghematan energi terutama bahan bakar minyak harus
dilakukan, mengingat minyak bumi merupakan sumber energi utama pada saat ini.
Salah satunya adalah bahan bakar gas berupa LPG yang merupakan bahan bakar
alternatif. Indonesia yang merupakan negara yang memiliki banyak potensi didalam
sumber daya alam dan dengan mudah memproduksi bahan bakar LPG ini. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui emisi gas buang pada sepeda motor 4 tak 110
cc yang menggunakan bahan bakar bensin dan LPG dan juga perbandingannya.
Skripsi ini merupakan studi exsperimen mengenai emisi gas buang pada sepeda
motor 4 tak 110 cc yang berbahan bakar bensin yang di ubah menjadi sepeda motor
bahan bakar LPG. Hasil emisi gas buang sepeda motor bahan bakar gas dibandingkan
dengan emisi gas buang sepeda motor bensin dan di analisis berdasarkan standar
emisi gas buang di Indonesia adalah 5,5% CO dan 2400 ppm HC.
Perbandingan emisi HC bahan bakar LPG tanpa vacum,bahan bakar LPG
dengan vacum,bahan bakar bensin pada sepeda motor 4 tak 110 cc terlihat lebih tinggi
pada putaran awal, ini disebabkan karena pada putaran awal pembakaran belum
sempurna. Tetapi emisi gas buang nya di bawah 2400 ppm( standar emisi gas buang
HC pada sepeda motor Indonesia ). Sedangkan emisi CO pada bahan bakar bensin
lebih besar dari bahan bakar LPG.
Kata Kunci : Converter kit,LPG,Hidrokarbon,Karbonmonoksida,Gas Analyzer.
|