ABSTRAK :
Perpindahan suatu merek merupakan aktifitas yang terjadi akibat dari pengaruh
tidak seimbangnya kinerja maupun kelengkapan fasilitas yang dimil iki untuk
setiap merek ponsel dengan merek ponsel lainnya sehingga terjadinya pola
perpindahan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola
perpindahan yang terjadi dengan dilakukannya prediksi pangsa pasar serta
mengetahui posisi suatu merek pons el dengan atribut-atribut yang menempatinya
di kampus Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu pendekatan Rantai Markov
yang sesuai dengan bentuk pola perpindahan yakni berbentuk matriks. Matriks
yang digunakan memiliki ordo 5 x 5 karena merek ponsel yang digunakan
berjumlah 5 yaitu Nokia, Samsung, Sony Ericsson, BlackBerry, dan Nexian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola perpindahan untuk Nokia walaupun
menguasai pangsa pasar tetapi mengalami penurunan; unt uk Samsung dan
BlackBerry mengalami kenaikan pangsa pasar; untuk Sony dan Nexian
mengalami penurunan pangsa pasar. Prediksi pangsa pasar periode Equilibrium
terjadi pada saat memasuki periode kesembilan yaitu pada tahun 2020 dengan
pangsa pasar produk ponsel merek Nokia sebesar 36,5%, Samsung sebesar 25,8%,
Sony Ericsson sebanyak 5,0%, Blackberry sebanyak 30,6%, dan Nexian sebanyak
2,5%. Sedangkan dalam posisi dari kelima merek ponsel untuk Nokia dan Sony
Ericsson berada dalam satu kelompok dengan satu atri but yaitu ponsel sebagai
penerima signal dapat menerima signal dengan maksimal sedangkan untuk
Samsung, BlacBerry, dan Nexian berada satu kelompok dengan tiga atribut yaitu
Desain Ponsel yang dibuat menarik; Ponsel yang dibuat dilengkapi dengan
Aplikasi (Fitur) Browsing seperti Facebook, Twitter, Opera mini, Myspace,
Funbook, Plurk, dan Games Java ; dan Ponsel yang telah digunakan dapat dengan
mudah dijual kembali.
Kata Kunci: Rantai Markov, Pangsa Pasar, Pola Perpindahan, Perpindahan
Merek, Periode Equilibrium.
iii
|