© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS BRAND SWITCHING DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN PADA PENGGUNA PONSEL DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISU TJIPTO
Penulis
FAISAL
Pembimbing : Yasrin Zabidi, ST., MT - Uyuunul Mauidzoh, ST., MT

ABSTRAK :
Perpindahan suatu merek merupakan aktifitas yang terjadi akibat dari pengaruh tidak seimbangnya kinerja maupun kelengkapan fasilitas yang dimil iki untuk setiap merek ponsel dengan merek ponsel lainnya sehingga terjadinya pola perpindahan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola perpindahan yang terjadi dengan dilakukannya prediksi pangsa pasar serta mengetahui posisi suatu merek pons el dengan atribut-atribut yang menempatinya di kampus Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu pendekatan Rantai Markov yang sesuai dengan bentuk pola perpindahan yakni berbentuk matriks. Matriks yang digunakan memiliki ordo 5 x 5 karena merek ponsel yang digunakan berjumlah 5 yaitu Nokia, Samsung, Sony Ericsson, BlackBerry, dan Nexian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola perpindahan untuk Nokia walaupun menguasai pangsa pasar tetapi mengalami penurunan; unt uk Samsung dan BlackBerry mengalami kenaikan pangsa pasar; untuk Sony dan Nexian mengalami penurunan pangsa pasar. Prediksi pangsa pasar periode Equilibrium terjadi pada saat memasuki periode kesembilan yaitu pada tahun 2020 dengan pangsa pasar produk ponsel merek Nokia sebesar 36,5%, Samsung sebesar 25,8%, Sony Ericsson sebanyak 5,0%, Blackberry sebanyak 30,6%, dan Nexian sebanyak 2,5%. Sedangkan dalam posisi dari kelima merek ponsel untuk Nokia dan Sony Ericsson berada dalam satu kelompok dengan satu atri but yaitu ponsel sebagai penerima signal dapat menerima signal dengan maksimal sedangkan untuk Samsung, BlacBerry, dan Nexian berada satu kelompok dengan tiga atribut yaitu Desain Ponsel yang dibuat menarik; Ponsel yang dibuat dilengkapi dengan Aplikasi (Fitur) Browsing seperti Facebook, Twitter, Opera mini, Myspace, Funbook, Plurk, dan Games Java ; dan Ponsel yang telah digunakan dapat dengan mudah dijual kembali. Kata Kunci: Rantai Markov, Pangsa Pasar, Pola Perpindahan, Perpindahan Merek, Periode Equilibrium. iii


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FAISAL
NIM : 09020002
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024