ABSTRAK :
Banyaknya bisnis kuliner yang semakin berkembang, disamping menu
makanan yang disajikan, layanan restoran sangat berpengaruh dalam
memberikan kepuasan kepada pelanggan. Dalam rangka meningkatkan
pelayanan restoran yang efektif dan efisien, maka diperlukan sistem layanan
berbasis android pada restoran, sehingga memudahkan pelanggan memesan
makanan tanpa datang ke restoran. Dalam sistem layanan restoran ini terdapat
empat buah aplikasi : aplikasi untuk pelanggan, aplikasi untuk manager,
aplikasi web kitchen, dan aplikasi untuk delivery. Aplikasi ini menggunakan
sistem mobile berbasis android dimana dilengkapi dengan pilihan menu
makanan, maps, dan data yang ada tersimpan dalam sebuah database. Hasil uji
responden untuk kenyamanan menggunakan aplikasi sistem layanan antar pada
restoran sebesar 100%, untuk tingkat efektif dan efisien menggunakan sistem
layanan antar pada restoran sebesar 93%, untuk efisiensi waktu menggunakan
sistem layanan antar pada restoran sebesar 97%, untuk tingkat kepuasan
responden menggunakan sistem layanan antar pada restoran sebesar 97%.
Kata kunci : android, restoran, layanan
|