© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

STUDI EKSPERIMEN AERODINAMIKA MOBIL LIFTBACK MENGGUNAKAN LOW SUBSONIC WIND TUNNEL
Penulis
ARDIAN PRAMUDITA EKA PRASETYA
Pembimbing : Nurfi Ahmadi, S.T., M.Eng. - Teguh Wibowo, S.T., M.T.

ABSTRAK :
Dalam perkembangannya, teknologi pada mobil bertujuan untuk menghasilkan mobil yang hemat bahan bakar dan meningkatkan laju kendaraan. Salah satu cara yang ditempuh adalah membuat bentuk bodi yang aerodinamis untuk mengurangi pengaruh pergerakan udara yang dapat mempengaruhi kestabilan kendaraan ketika bergerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi kecepatan dan tekanan udara pada permukaan benda uji serta mengetahui besarnya gaya hambat yang dialami benda uji. Penelitian ini menggunakan metode observasi di laboratorium aerodinamika STTA dengan memasukkan spesimen uji replika mobil liftback ke dalam terowongan angin. Data yang diperoleh berupa ketinggian manometer dan besar gaya hambat yang kemudian diolah menggunakan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan udara dan tekanan udara pada benda uji mengalami kenaikan seiring kenaikan kecepatan udara pengujian. Gaya hambat tertinggi pada kecepatan udara pengujian 10 m/s dan 15 m/s dimiliki oleh KIA Optima K5, sedangkan gaya hambat terendah dimiliki oleh BMW 535i. Pada kecepatan udara pengujian 20 m/s dan 25 m/s gaya hambat tertinggi dimiliki oleh KIA Optima K5, sedangkan gaya hambat terendah dimiliki oleh Mercedes Benz SLS AMG. KIA Optima K5 memiliki gaya hambat tertinggi karena memiliki sudut kemiringan kaca depan sebesar 27 derajat dan kemiringan kam mesin 13 derajat. Semakin besar gaya hambat, maka semakin kecil koefisien gaya hambat pada benda uji tersebut. Kata kunci: aerodinamika, replika mobil liftback, terowongan angin.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ARDIAN PRAMUDITA EKA PRASETYA
NIM : 13140087
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024