STUDI EKSPERIMEN AERODINAMIKA MOBIL LIFTBACK
MENGGUNAKAN LOW SUBSONIC WIND TUNNEL |
Penulis ARDIAN PRAMUDITA EKA PRASETYA
Pembimbing : Nurfi Ahmadi, S.T., M.Eng. - Teguh Wibowo, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
Dalam perkembangannya, teknologi pada mobil bertujuan untuk
menghasilkan mobil yang hemat bahan bakar dan meningkatkan laju kendaraan.
Salah satu cara yang ditempuh adalah membuat bentuk bodi yang aerodinamis
untuk mengurangi pengaruh pergerakan udara yang dapat mempengaruhi
kestabilan kendaraan ketika bergerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui distribusi kecepatan dan tekanan udara pada permukaan benda uji
serta mengetahui besarnya gaya hambat yang dialami benda uji.
Penelitian ini menggunakan metode observasi di laboratorium
aerodinamika STTA dengan memasukkan spesimen uji replika mobil liftback ke
dalam terowongan angin. Data yang diperoleh berupa ketinggian manometer dan
besar gaya hambat yang kemudian diolah menggunakan Ms. Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan udara dan tekanan udara
pada benda uji mengalami kenaikan seiring kenaikan kecepatan udara pengujian.
Gaya hambat tertinggi pada kecepatan udara pengujian 10 m/s dan 15 m/s dimiliki
oleh KIA Optima K5, sedangkan gaya hambat terendah dimiliki oleh BMW 535i.
Pada kecepatan udara pengujian 20 m/s dan 25 m/s gaya hambat tertinggi dimiliki
oleh KIA Optima K5, sedangkan gaya hambat terendah dimiliki oleh Mercedes
Benz SLS AMG. KIA Optima K5 memiliki gaya hambat tertinggi karena
memiliki sudut kemiringan kaca depan sebesar 27 derajat dan kemiringan kam mesin
13 derajat. Semakin besar gaya hambat, maka semakin kecil koefisien gaya hambat pada
benda uji tersebut.
Kata kunci: aerodinamika, replika mobil liftback, terowongan angin.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ARDIAN PRAMUDITA EKA PRASETYA |
|
NIM |
: 13140087 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|