ABSTRAK :
Engine failure adalah suatu kondisi dimana engine beroperasi di luar
kondisi normal. Kondisi abnormal yang terjadi salah satunya dapat disebabkan
oleh fault yang terjadi pada FADEC system. FADEC system merupakan salah
satu sistem pada pesawat yang berfungsi untuk mengontrol seluruh operasional
engine, baik ketika berada di ground ataupun saat flight. Sebagai sistem vital
pada engine, permasalahan yang terjadi pada FADEC system sewaktu-waktu
dapat menyebabkan terjadinya engine failure. Oleh karena itu perlu dilakukan
analisis lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dari failure yang terjadi, serta
untuk menerapkan tindak mitigasi yang sesuai. Metode yang digunakan untuk
analisis pada failure adalah metode Fault Tree Analysis (FTA), yang merupakan
suatu metode untuk identifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya failure.
Secara garis besar langkah dalam teknik analisis menggunakan Fault Tree
Analysis (FTA), yaitu pada langkah pertama melakukan pengumpulan data.
Langkah kedua adalah mendefinisikan failure yang terjadi dan kemudian
memodelkan failure yang dilengkapi dengan analisis failure. Yang terakhir, yaitu
mulai menyusun diagram Fault Tree kemudian melakukan evaluasi dengan
minimum cut set. Melalui proses evaluasi menggunakan metode minimum cut set,
diperoleh informasi resiko yang berkontribusi pada engine failure yang terjadi,
yaitu sebagian besar karena adanya permasalahan pada FADEC system serta
seluruh sistem dan komponen pendukungnya. Kemudian tindak mitigasi yang
sesuai dapat diterapkan untuk mencegah terjadinya failure yang berulang.
Kata kunci : fault tree analysis, engine failure, FADEC system.
|