© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISA KEKUATAN STRUKTUR REPAIR SKIN PANEL CRACK PADA SECTION 41, BS 488, STR-30L PESAWAT BOEING 747-400 DI PT. GARUDA MAINTENANCE FACILITY (GMF)
Penulis
SUPRIYANTO
Pembimbing : Anang Setiawan, ST., MT - Hendrix Novianto F, ST., MT

ABSTRAK :
Structure Repair Manual (SRM) merupakan panduan repair aktual yang memiliki batas ukuran maksimal kerusakan struktur pesawat terbang. Ada dari beberapa repair shceme SRM yang tidak semua dapat diapliksikan secara langsung, sehingga memerlukan modifikasi SRM repair. Modifikasi SRM repair adalah tindakan untuk merubah bentuk, mengganti atau membentuk struktur SRM repair baru. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan konfigurasi modifikasi SRM repair, mengetahui perbandingan tegangan maksimum struktur modifikasi SRM repair dengan SRM repair, dan mengetahui margin of safety struktur modifikasi SRM repair dengan SRM repair. Joint modeling merupakan metode yang digunakan untuk menentukan konfigurasi modifikasi SRM repair menggunakan SRM repair sebagai acuan perbandingan hasilnya. Kekuatan struktur repair dihitung menggunakan salah satu software berbasis finited element method yaitu CATIA V5R21. Metode yang dilakukan adalah analisis secara statik. Dari software ini dapat diketahui tegangan maksimum suatu struktur ketika mendapat suatu pembebanan, sehingga dari tegangan maksimum dapat digunakan untuk menentukan margin of safety dari struktur yang dianalisis. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis didapatkan konfigurasi modifikasi SRM repair lebih efesien, kemudian dibandingkan kekuatan struktunya dengan SRM repair. Dari perbandingan itu ditemukan bahwa modifikasi SRM repar mempunyai tegangan maksimum 13722,1 Psi untuk beban pressure dengan margin of safety1,332 dan untuk beban tension 13331,6 psi dengan margin of safety 1,40 sedangkan SRM repair mempunyai tegangan maksimum untuk beban pressure 16495 Psi dengan margin of safety 0,939 dan untuk beban tension 13349,9 Psi dengan margin of safety 1,39. Sehingga struktur modifikaasi SRM repair lebih aman. kata kunci: Joint modeling, Modifikasi SRM repair, Margin of safety, SRM repair


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SUPRIYANTO
NIM : 09050047
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024