© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH KETINGGIAN TERBANG JELAJAH TERHADAP NILAI EFISIENSI PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PADA TURBOFAN ENGINE CFM56-3C PESAWAT BOEING 737-500
Penulis
SETIAJI WICAKSONO
Pembimbing : Linggar Widayatmo, S.Si., MT - Karseno KS, INZ, SE., MM

ABSTRAK :
Pada ketinggian terbang jelajah temperature menurun seiring dengan semakin kecilnya tekanan udara, karena itu mempengaruhi performa engine dalam hal penggunaan fuel. Besar nilai efisiensi bahan bakar yang digunakan saat terbang jelajah dapat dihitung dengan referensi Jack. D Mattingly dan data – data dari Test-Cell serta sebagian data FDR dipilih sesuai kebutuhan dengan hasil yang ditampilkan dalam bentuk nilai dan presentase. Persentase perubahan nilai membantu mengidentifikasi pengaruh nilai perubahan performa fuel yang lebih spesifik. Perhitungan menunjukkan kenaikan ketinggian cruising dengan tidak merubah kecepatan (mach number) mengahasilkan nilai sfc yang menurun 0,3 s/d 0,8 persen per-3000 ft, nilai thrust menurun 5,4 s/d 6,3 persen per-3000 ft, sehingga nilai fuel flow menurun 6,2 s/d 6,7 persen per-3000 ft. Nilai specific fuel consumption engine CFM56-3C yang dihitung dengan referensi Jack D. Mattingly chapter 8 adalah 0,396 di Test-cell dan 0,5049 s/d 0,5183 di kondisi cruising, serta untuk nilai thrust adalah 20861 Lb di Test-cell dan 6089 Lb s/d 7742 Lb di kondisi cruising dengan kriteria semakin tinggi terbang cruising pesawat maka nilai SFC dan thrust akan semakin menurun (kecil) dimana nilai sfc menurun 0,3 s/d 0,8 persen per-3000 ft, nilai thrust menurun 5,4 s/d 6,3 persen per-3000 ft, sehingga nilai fuel flow menurun 6,2 s/d 6,7 persen per-3000 ft. ketinggian terbang akan mempengaruhi besarnya aliran bahan bakar (fuelflow) yang digunakan engine. Kata kunci: efisiensi penggunaan fuel, terbang jelajah, fuel flow


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SETIAJI WICAKSONO
NIM : 09050013
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024