© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS SUPPORT OF CVFDR PESAWAT C-212-200 DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PATRAN-NASTRAN
Penulis
SARJONO SITINJAK
Pembimbing : Drs. Sukoco, M.Pd., MT - Karseno KS, INZ, SE., MM

ABSTRAK :
Dalam dunia penerbangan mendesain struktur pesawat atau memodifikasinya akan membutuhkan waktu yang lama dan biaya (cost) yang sangat banyak jika tidak menggunakan software. Namun, dengan adanya software tersebut perusahaan penerbangan khususnya di bidang struktur, modifikasi dan produksi pesawat telah terbantu dalam menganalisis struktur dan hal lainnya baik itu dalam modifikasi maupun produksi pesawat. Support of CVFDR didesain agar mampu menahan beban sesuai dengan persyaratan CASR dengan menggunakan program CATIA, melalui desain tersebut akan dianalisis dengan menggunakan software Patran-Nastran untuk mengetahui Margin of Safety (MS) pada saat critical loading, dan hal terakhir yang dilakukan pada tahap ini adalah perhitungan Weight and Balance untuk mengetahui letak Central of Gravity (CG) setelah dilakukan modifikasi atau peng-instalan support dan CVFDR. Jenis dan rancangan penelitian menggunakan kepustakaan (library research) dan fakta lapangan (field research) yaitu data yang diambil langsung dari lokasi penelitian yaitu PT. Dirgantara Indonesia dengan software CATIA sebagai pemodelan data dan Msc. Patran-Nastran sebagai anlisis data. Penentuan obyek secara purposive, peneliti sendiri sebagai instrument utama atau pokok, penelitiannya lebih menekankan pada proses dan hasil. Hal yang perlu diperhatikan dalam desain support sehingga tidak merusak frame yaitu dari segi angle (sudut) dan material yang digunakan. Pada element 8981 yang mengalami kritikal paling besar yaitu 20.6 daN/mm2, dan melalui perhitungan diperoleh Margin of Safety (MS) yaitu 1.14, hal ini menunjukkan bahwa model tersebut aman jika diberi gaya yang menjadi acuan pada regulasi CASR. Letak CG pesawat hanya berpindah yaitu 5.945m – 5.94m = 0.005m, Support dan CVFDR yang telah ter-install pada pesawat tersebut dengan berat dan jarak lengan ke datum hanya berpengaruh kecil pada perpindahan letak CG pesawat ketika support dan CVFDR belum ter-install. Kata Kunci: Patran-Nastran, Margin of Safety (MS), Support, Cockpit.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SARJONO SITINJAK
NIM : 09050046
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024