ABSTRAK :
Dalam dunia penerbangan mendesain struktur pesawat atau
memodifikasinya akan membutuhkan waktu yang lama dan biaya (cost) yang
sangat banyak jika tidak menggunakan software. Namun, dengan adanya
software tersebut perusahaan penerbangan khususnya di bidang struktur,
modifikasi dan produksi pesawat telah terbantu dalam menganalisis struktur dan
hal lainnya baik itu dalam modifikasi maupun produksi pesawat. Support of
CVFDR didesain agar mampu menahan beban sesuai dengan persyaratan CASR
dengan menggunakan program CATIA, melalui desain tersebut akan dianalisis
dengan menggunakan software Patran-Nastran untuk mengetahui Margin of
Safety (MS) pada saat critical loading, dan hal terakhir yang dilakukan pada
tahap ini adalah perhitungan Weight and Balance untuk mengetahui letak Central
of Gravity (CG) setelah dilakukan modifikasi atau peng-instalan support dan
CVFDR.
Jenis dan rancangan penelitian menggunakan kepustakaan (library
research) dan fakta lapangan (field research) yaitu data yang diambil langsung
dari lokasi penelitian yaitu PT. Dirgantara Indonesia dengan software CATIA
sebagai pemodelan data dan Msc. Patran-Nastran sebagai anlisis data.
Penentuan obyek secara purposive, peneliti sendiri sebagai instrument utama
atau pokok, penelitiannya lebih menekankan pada proses dan hasil.
Hal yang perlu diperhatikan dalam desain support sehingga tidak
merusak frame yaitu dari segi angle (sudut) dan material yang digunakan. Pada
element 8981 yang mengalami kritikal paling besar yaitu 20.6 daN/mm2, dan
melalui perhitungan diperoleh Margin of Safety (MS) yaitu 1.14, hal ini
menunjukkan bahwa model tersebut aman jika diberi gaya yang menjadi acuan
pada regulasi CASR. Letak CG pesawat hanya berpindah yaitu 5.945m – 5.94m =
0.005m, Support dan CVFDR yang telah ter-install pada pesawat tersebut dengan
berat dan jarak lengan ke datum hanya berpengaruh kecil pada perpindahan
letak CG pesawat ketika support dan CVFDR belum ter-install.
Kata Kunci: Patran-Nastran, Margin of Safety (MS), Support, Cockpit.
|