ANALISISKINERJATURBOJETTANPAAFTERBURNERDANDENGANAFTERBURNER |
Penulis HERU SUTEJA
Pembimbing : Ir.Suyitmadi,M.T., - TeguhWibowo,S.T.,M.T.
|
ABSTRAK :
Turbojet engine adalah mesin konversi energi yang merubah energi panas melalui proses pembakaran menjadi energi kinetik. Energi panas yang dihasilkan digunakan sebagian untuk memutar turbin dan sisanya diekspansikan di nosel dalam bentuk percepatan gas hasil pembakaran untuk menghasilkan gaya dorong.
Parameter specific thrust dan specific fuel consumption adalah bentuk analisis yang digunakan untuk mengukur kinerja turbojet tanpa afterburner dan dengan afterburner dari pengaruh peningkatan nilai compressor pressure ratio serta Mach number. Kombinasi analisis perubahan nilai compressor pressure ratio serta Mach number diproses menjadi suatu grafik yang dapat membantu menentukan performa engine turbojet tersebut. Perubahan nilai compressor pressure ratio serta Mach number yang meningkat berdampak terhadap peningkatan suhu masuk ruang bakar sehingga mengakibatkan energi panas pembakaran semakin berkurang. Apabila energi panas pembakaran berkurang maka specific thrust dan specific fuel consumption semakin berkurang sehingga energi panas yang diubah menjadi thrust juga berkurang.
Saat angka Mach tinggi (M>1) pada proses dry turbojet, peningkatan nilai compressor pressure ratio mengakibatkan kenaikan terhadap jumlah specific fuel consumption. Hal ini terjadi karena peningkatan suhu panas yang tinggi sehingga mengakibatkan fuel air ratio dan specific thrust mengalami penurunan.
Kata kunci: turbojet, afterburner, Mach, parameter, thrust.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: HERU SUTEJA |
|
NIM |
: 10040038 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|