ABSTRAK :
Landing gear merupakan salah satu komponen penting dalam struktur
pesawat udara. Landing gear berfungsi untuk menahan beban pesawat saat
berada di darat dan menahan beban impact saat landing. Landing gear harus
mampu menyerap beban landing dan beban ground handling dengan baik.
Struktur landing gear harus kuat untuk menghindari terjadinya kegagalan akibat
struktur tidak kuat. Untuk mengetahui batas batas kekuatan struktur landing gear
PUNA Wulung PA-10 harus dilakukan analisis struktur. Dari analisis struktur
diperoleh tegangan maksimum yang dapat digunakan untuk perhitungan margin
of safety bagi struktur model landing gear tersebut.
Pemodelan dan analisis menggunakan software Autodesk [R] Inventor 2014
yaitu menggunakan Workbench Part Design, Sub-Assembly Design, Assembly
Design dan Stress Analysis. Terdapat 3 model dengan 8 kasus pembebanan dalam
analisis ini, yaitu Statik Maksimum, Taxi, Take-off Run, Three Point Brake Roll,
Ground Turning, Reversed Braking, Pivoting dan Three Point Level Landing.
Analisa dilakukan dengan default mesh dari material yang akan digunakan dalam
pemodelan. Besar beban yang dipakai adalah nilai maksimum dari vertical
reaction, kombinasi vertical reaction dengan drag dan kombinasi vertical
reaction dengan side load.
Pada masing-masing model dan kasus pembebanan, Letak joiner pada
main strut berpengaruh terhadap kekuatan struktur, hal tersebut terlihat dari
hasil margin of safety yang semakin besar dan bernilai positif dengan nilai
margin of safety paling besar adalah 22,74 pada kasus three point brake roll
Model A. Sedangkan nilai margin of safety paling kecil adalah -0,01 pada kasus
ground turning Model B. Karena ada nilai Margin of safety yang negatif maka
dapat disimpulkan struktur tersebut tidak aman.
Dengan menggunakan persamaan Euler Buckling Load didapat nilai
positif (+) untuk perhitungan margin of safety pada semua kasus, margin of safety
struktur yang paling besar adalah 164,9 pada kasus pembebanan Reversed
braking, pivoting dan statik maksimum Model C. Sedangkan yang paling kecil
adalah 1 pada kasus pembebanan ground turning Model B
Kata kunci :
Nose Landing Gear, PUNA Wulung PA-10, Analisis Struktur,
Autodesk [R] Inventor 2014, Margin of Safety
|