ABSTRAK :
Dunia Industri penerbangan saat ini sedang mengalami kemajuan yang
sangat pesat dimana Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG) adalah salah
satu sarana transportasi udara di Yogyakarta yang memiliki tingkat penerbangan
yang selalu ramai tiap tahunnya. PT. Gapura Angkasa sebagian dari salah satu
perusahaan jasa pengurusan transportasi dan pemeriksaan cargo yang menjamin
keamanan dan keselamatan cargo dan pos sebelum diserahkan ke pihak pengangkut
/Airlines dengan memberlakukan standart-standart pelayanan, keamanan dan
keselamatan penerbangan yang ditetapkan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan kepustakaan (library research)
yaitu data yang diambil langsung di Bandar Udara Internasioanl Adisutjipto (JOG).
Sedangkan fakta lapangannya (field research) yaitu penelitian dengan meangambil
sempel yang terdiri dari proses acceptance, document, packing, marking labeling, xray,
storage, build-up dan loading. Sehingga dalam penelitiannya lebih fokus pada
proses dan hasil.
Hasil penelitian di Bandar Udara Internasional Adisutjipto diantaranya:
Instusi cargo agent dimana terdapat pengamatan waktu standar pada proses
Acceptance, Dokument, Packing, Marking-labeling memperoleh nilai 205.454 menit.
Instusi warehouse terdapat pengamatan waktu standar pada proses X-ray, Storage,
Build-up memperoleh nilai 68.757 menit. Sedangkan instusi Airline terdapat proses
loading dengam memperoleh nilai 22.494 menit. Sehingga jumlah keseluruhan waktu
baku pada pelayanan cargo & mail memperoleh nilai 98.901 menit. Dengan
pencapaian yang dilakukan terhadap waktu standar pelayanan yang diberikan instusi
cargo agent, warehouse, airline sudah baik.
Kata kunci : Waktu standari, pelayanan, Cargo agent, Warehouse, Airline
|