ABSTRAK :
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia penerbangan, kini telah
mengalami penerobosan yang sangat luar biasa dalam berbagai hal, misalnya dalam hal
penerapan ilmu aerodinamika dibidang olah raga dirgantara, yaitu pada Vertical Wind
Tunnel. Vertical Wind Tunnel merupakan penerapan kombinasi dari wind tunnel yang
diarahkan vertical. Pada pemodelan Propeller Vertical Wind tunnel penulis menganalisis
kekuatan statik menggunakan bahan Aluminium Alloy, dimana Aluminium Alloy yang
digunakan adalah jenis 2024 T3 dan 7075 T6. Penelitian ini bertujuan untuk, membuat
model propeller vertical wind tunnel. Mengetahui nilai dan daerah kritis pada propeller
vertical wind tunnel yang memiliki tingkat tegangan maksimum setelah mengalami
pembebanan. Mengetahui kekuatan stuktur dari kedua jenis Alluminium yang digunakan.
Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan subyek penelitian Vertical
Wind Tunnel, sedangkan obyek penelitian ini adalah Analisis Static Fixed Pitch
Propeller. Metode analisa data yang digunakan yaitu pemodelan dan analisis kekuatan
struktur propeller dengan menggunakan software CATIA V5R21, setelah melakukan
pemodelan propeller dilanjutkan dengan memasukkan data spesifikasi matrial yang
digunakan kemudian dilanjutkan dengan menganalisa kekuatannya, sehingga
mendapatkan kesimpulan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Setelah hasil analisis tegangan struktur dari software Catia diketahui,
selanjutnya menghitung nilai Margin Of Saety. Sehingga dari hasil perhitungan Margin
Of Safety didapat nilai -0.124 untuk Aluminium 2024 T3 dan 0.276 untuk Aluminium
7075 T6. Berdasarkan standar keamanan jika nilai Margin Of Safety > 0, maka struktur
tersebut dikatagorikan aman. Sebaliknya Nilai Margin Of Safety < 0 maka struktur
tersebut dikatagorikan tidak aman.
Kata Kunci: Statik Fixed Pitch Propeller, Vertikal Wind Tunnel, Software CATIA V5R21
dan Margin Of Safety.
|