© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN FUEL FILTER DIFFERENTIAL PRESSURE SWITCH PADA PESAWAT BOEING 737-900 ER MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
PANDAPOTAN SIAHAAN
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santoso, S.T., M.T., - Ir. Daniel Teguh R., M.T,

ABSTRAK :
Fuel filter differential pressure switch (FFDPS) merupakan satu dari bagian engine fuel dan control system yang berfungsi sebagai pendukung operasional pesawat untuk penyaringan bahan bakar. Kerja FFDPS menjadi semakin rentan mengalami kerusakan terutama saat mengendalikan operasi laju aliran bahan bakar apabila tekanan sistem terlalu rendah dan terlalu tinggi. Dalam operasional pesawat, FFDPS sering dilaporkan mengalami kegagalan yakni terjadinya fuel filter bypass illuminate. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisa lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dari kegagalan. Metode yang diterapkan untuk analisis pada kegagalan adalah Fault Tree Analysis (FTA) yang merupakan suatu teknik untuk mengidentifikasi resiko yang berperan terhadaap terjadinya kegagalan. Secara garis besar langkah dalam teknik analisis menggunakan fault tree analysis (FTA) yakni pada langkah pertama melakukan pengumpulan data penggantian komponen pesawat selama operasional. Langkah kedua mendefinisikan kegagalan yang terjadi, dan memodelkan kegagalan yang dilengkapi analisis kegagalan. Langkah ketiga yaitu mulai menyusun diagram fault tree kemudian dilakukan evaluasi dengan minimal cut set. Melalui proses evaluasi menggunakan metode minimum cut set, diperoleh informasi risiko yang berkontribusi pada fuel filter bypass illuminate yang terjadi yakni sebagian besar dikarenakan adanya gangguan pada komponen FFDPS yang mengalami kerusakan serta alat pengontrol dari engine indicating seperti EEC dan DEU. Akhir dari analisis reliability tingkat kehandalan FFDPS adalah menurun seiring bertambahnya waktu ataupun jam terbang pesawat. Kemudian tindak mitigasi yang sesuai dapat diterapkan untuk mencegah terjadinya kegagalan yang berulang. Kata Kunci : fault tree analysis, minimum cut set, fuel filter differential pressure swicth.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : PANDAPOTAN SIAHAAN
NIM : 09050127
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024