ABSTRAK :
Propeller di dalam pesawat terbang, baik pesawat terbang sebenarnya maupun pesawat model khususnya SSU-04 sangat penting peranannya, yaitu berfungsi untuk menghasilkan gaya dorong. Pesawat terbang yang mempunyai kecepatan rendah seperti pesawat model biasanya memakai engine bertipe piston yang termasuk pada klasifikasi subsonic. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana proses perancangan, pembuatan, dan uji propeller yang dirancang. Sekaligus untuk mengetahui thrust dan efisiensi propeller yang dirancang.
Metode untuk merancang propeller menggunakan metode elemen daun sekaligus menggunakan teori – teori tentang perancangan propeller. Propeller yang nantinya akan digunakan pada pesawat model SSU-04, maka geometrinya adalah 14 x 7 sedangkan bahan yang digunakan adalah material komposit. Proses dari pembuatan propeller yaitu, pembuatan master molding, pembuatan cetakan dan pembuatan propeler komposit. Pada proses analisis data ini adalah membandingkan hasil analisis thrust, power, dan efisiensi pada propeller rancangan dengan propeller yang berukuran 14 x 10 dan 15 x 8.
Untuk pengujian eksperimental propeller rancangan menggunakan engine DLE – 20cc 9000rpm, dan hasil pengujian pada saat High throtle thrust yang diperoleh sebesar 36,297 N dengan mengabaikan factor gaya gesek. Nilai dari efisiensi dari propeller rancangan dan propeller pembanding rata – rata besarnya adalah sekitar 24 % hal ini dikarenakan rendahnya kecepatan yang digunakan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa efisiensi dipengaruhi oleh faktor kecepatan.
Kata kunci
|