ABSTRAK :
Dalam dunia penerbangan perawatan pesawat adalah aspek yang sangat penting untuk menjaga keandaln (reliability) dan ketersediaan (availability) dari setiap komponen-komponen atau sistem-sistem yang menunjang kinerja pesawat secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa keandalan (reliability) dari Nitrogen Generation System Filter pesawat Boeing 737-900ER berdasarkan data kegagalan yang terjadi selama pengoperasian kemudian menganalisa jenis dan laju kegagalan serta efektifitas perawatan pada sistem tersebut.
Metode yang digunakan dalam analisis adalah menggunakan metode konsep reliability berupa weibull analysis dengan penafsiran “beta shape parameter”, sebagai perumusan dasar dalam melakukan analisis untuk memprediksi tingkat keandalan dan jenis kegagalan, laju kegagalan yang terjadi pada Nitrogen Generation System Filter. Dengan melihat perhitungan dan jenis degradasi komponen yang terjadi maka dapat diketahui jenis perawatan yang efektif untuk diterapkan baik terhadap komponen Nitrogen Generation System.
Dari hasil perhitungan dan pembahasan terhadap keandalan komponen Filter pada Nitrogen Generation System, didapatkan nilai tingkat keandalan dari Nitrogen Generation System pada filter P/N2040025-104 = 41%, filter P/N2040025-105 = 42% , filter differential pressure switch P/N 2040061-102 = 50 % , untuk niali β > 1, yaitu 1.1374, 1.0395, dan 3.5229 yang menafsirkan terjadinya kegagalan aus (wear out). Berdasarkan nilai b (slope pada distribusi weibull) yang dihasilkan adalah 0.9%, 0.96%, 0.3% menafsirkan bahwa kemungkinan terjadinya serious failure yaitu berupa kegagalan aus. Kebijakan perawatan yang efektif untuk diterapkan pada komponen Nitrogen Generation System adalah perawatan preventif.
Kata Kunci : keandalan, weibull, laju kegagalan, dan efektifitas perawatan
|