ABSTRAK :
PT.Sriwijaya Air adalah salah satu maskapai terbesar di Indonesia yang menerbangkan lebih dari 41 destinasi termasuk dua negara di tingkat regional dan daerah-daerah tujuan wisata populer lainnya di seluruh Indonesia. Dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia penerbangan, PT.Sriwijaya Air tidak hanya harus memberikan pelayanan yang baik ataupun harga tiket yang murah tetapi juga harus memperhatikan tingkat on time performance maskapai agar dapat berpengaruh pada load faktor dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mengoptimalisasi on time performance maskapai Sriwijaya Air district Yogyakarta.
Identifikasi faktor-faktor penyebab keterlambatan penerbangan maskapai PT.Sriwijaya Air cabang Yogyakarta selama Mei 2013-April 2014 diperoleh melalui data yang didapatkan selama penelitian berupa passenger handling report (PHR) perusahaan yang kemudian di analisis dengan menggunakan diagram fishbone yang merupakan suatu proses pendekatan terstruktur yang memungkinkan dilakukan suatu analisis lebih terperinci dalam menemukan penyebab-penyebab suatu masalah yang ada. Setelah melakukan identifikasi, selanjutnya mengambil tindakan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan tingkat on time performance maskapai.
Tingkat on time performance maskapai Sriwijaya Air district Yogyakarta selama 1 tahun dari bulan Mei 2013-April 2014 dengan jumlah penerbangan 1460 dan total terjadi keterlambatan 656 memiliki tingkat on time performance sebesar 54%. Faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan penerbangan berupa faktor cuaca, teknik, operasional intern, dan faktor operasional ekstern, operasional (intern dan ekstern), dan faktor teknik dan operasional (Intern & Ekstern).Faktor operasional Intern merupakan faktor dominan penyebab keterlambatan penerbangan.Untuk mengoptimalkan on time performance perlu tindakan pencegahan atau penanganan terhadap faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan sehingga tingkat on time performance dapat meningkat.
Kata Kunci : On time performance, Optimalisasi, Delay, Faktor
|