ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil evaluasi CAMP
performance pada ATA 21 (air conditioning & pressurization) dan ATA 32 (landing
gear system). Manfaat penelitian ini dapat digunakan sebagai sarana belajar,
menambah ilmu pengetahuan, dan pengalaman mengenai proses evaluasi CAMP
performance pada pesawat Garuda Indonesia Tipe Bombardier CRJ-1000 khususnya
ATA 21 dan ATA 32. Evaluasi ini merupakan hal yang sangat penting agar proses
perawatan pesawat mendapatkan hasil yang optimal dan mencegah terjadinya
kesalahan yang tidak diinginkan pada saat pengoperasian pesawat.
Metode penelitian ini adalah studi literatur, wawancara, dan analisis data.
Proses pertama adalah mengumpulan data yang terkait untuk menjadi referensi Job
Card/MDR (Maintenance Data Report) selanjutnya melakukan identifikasi job card
per CAMP item dan melakukan entri data ke dalam CAMP performance database,
dilanjutkan dengan mem-sortfilter serta mengelompokkan PIREP/MAREP per
ATA/Sub ATA number. Dalam hal ini penulis mengambil data ATA 21 dan ATA 32
kemudian melakukan CAMP evaluation berdasarkan data CAMP performances, pilot
report (pirep), maintenance report (marep) serta data lainnya yang terkait dengan
CAMP item tersebut, dan diperoleh kesimpulan dari tahapan proses yang telah
dilalui.
Berdasarkan finding ratio dan pilot report yang telah dikumpulkan,
ditemukan top 10 items CAMP yang paling sering ditemukan adanya masalah di
antaranya 5 items CAMP pada ATA 21 dan 5 items CAMP pada ATA 32. Setelah top
10 items CAMP dilakukan evaluasi, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat
6 items CAMP yang diretain dan terdapat 4 items CAMP yang dapat dieskalasi.
Kata kunci: CAMP performance, evaluasi CAMP, ATA21 dan ATA32
|