ABSTRAK :
Sayap pesawat menghasilkan gaya angkat untuk menjaga
pesawat tetap terbang, sementara perangkat kontrol seperti aileron, flap,
dan spoiler berfungsi mengatur manuver dan performa. Spoiler, sebagai
perangkat kontrol sekunder, berperan penting dalam keselamatan dan
kenyamanan penerbangan dengan mengganggu aliran udara di atas
sayap, sehingga menurunkan gaya angkat dan meningkatkan hambatan.
Penelitian ini menggunakan metode Computational Fluid Dynamics
(CFD) dengan menggunakan software ANSYS Fluent untuk menganalisis
pengaruh penambahan spoiler pada airfoil NACA 4412 dengan variasi
sudut defleksi terhadap nilai koefisien angkat (CL) dan hambat (CD).
Hasil simulasi menunjukkan bahwa sudut defleksi 15° menghasilkan
nilai CL tertinggi sebesar - 0,3332, sedangkan sudut defleksi 60°
menghasilkan nilai CD tertinggi sebesar 0,1619. Penambahan spoiler
terbukti memengaruhi karakteristik aliran udara secara signifikan,
terutama dalam meningkatkan gaya hambat, yang berguna untuk proses
pengereman dan penurunan kecepatan pesawat.
|