© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS KERUSAKAN MAIN WHEEL TIRE PADA PESAWAT BOEING 737-800NG DENGAN METODE FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN DIAGRAM PARETO
Penulis
AGUNG PUTRA DARMAWAN
Pembimbing : Agung Prakoso, S.T., M.Eng - M. Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. Ph.D

ABSTRAK :
Penelitian ini menganalisis kerusakan pada komponen Main Wheel Tire pesawat Boeing 737-800NG milik Sriwijaya Air menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan diagram Pareto. Data dikumpulkan dari periode 2020–2025 melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi logbook perawatan. Ditemukan lima jenis kerusakan utama, yaitu Ply Visible, Low Pressure, Spot, Deep Cut, dan Worn Out. Analisis FMEA dilakukan dengan menentukan nilai Severity, Occurrence, dan Detection untuk menghitung Risk Priority Number (RPN). Hasil menunjukkan Low Pressure memiliki nilai RPN tertinggi sebesar 300, menjadi prioritas utama perbaikan. Kerusakan Ply Visible, Worn Out, dan Spot memiliki nilai RPN yang sama sebesar 70, sedangkan Deep Cut memiliki nilai RPN terendah yaitu 60. Analisis Diangram Pareto mengungkap bahwa Ply Visible dan Low Pressure menyumbang sekitar 80% dari total kerusakan. Kombinasi metode FMEA dan Diagram Pareto terbukti efektif dalam menentukan prioritas penanganan guna meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional pesawat. Kata Kunci: Main Wheel Tire, FMEA, Diagram Pareto, RPN, Boeing 737-800NG


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : AGUNG PUTRA DARMAWAN
NIM : 22060015
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025