ABSTRAK :
Perubahan gate di bandara merupakan proses yang sering terjadi saat terjadi
penyesuaian operasional maskapai dan pengelola bandara. Metode Penelitian ini
menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Algoritma Greedy. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perubahan gate,
menganalisis frekuensi dan penyebab perubahan gate di terminal domestic dan
mengetahui strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan alokasi gate
terminal domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Data yang
digunakan mencakup 94 penerbangan dengan menggunakan data sekunder yaitu
laporan harian bandara yang mecakup jumlah perubahan gate, data perubahan gate
berdasarkan waktu, perubahan gate berdasarkan durasi waktu delay, jumlah
perubahan gate berdasarkan flight number, dan alasan keterlambatan pesawat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan
penerbangan yang telah diolah yaitu Late Arrival (keterlambatan kedatangan
pesawat) 74%, Operational 21% dan Technical Delay 5%, diketahui bahwa gate
baru yang paling sering digunakan setelah terjadinya perubahan adalah Gate 3,
dengan frekuensi sebanyak 22 kali (23,4%). Strategi yang dapat diterapkan untuk
mengoptimalkan alokasi gate terminal domestik di Bandara Internasional I Gusti
Ngurah Rai Bali yaitu, optimalisasi Gate dengan Algoritma Greedy Simulasi
alokasi gate menggunakan Greedy Interval Scheduling Algorithm mengoptimalkan
perubahan gate sebanyak 24 kali.
Kata Kunci: Perubahan Gate, Algotirma Greedy, Optimalisasi Gate, Keterlambatan
Penerbangan
|