© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS PERUBAHAN GATE TERMINAL DOMESTIK DI BANDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI
Penulis
MUHAMMAD KHAIDIR WIRYAWAN SIREGAR
Pembimbing : Dr. Rully Medianto, S.T., M.T - Gunawan, S.T., M.T

ABSTRAK :
Perubahan gate di bandara merupakan proses yang sering terjadi saat terjadi penyesuaian operasional maskapai dan pengelola bandara. Metode Penelitian ini menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Algoritma Greedy. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perubahan gate, menganalisis frekuensi dan penyebab perubahan gate di terminal domestic dan mengetahui strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan alokasi gate terminal domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Data yang digunakan mencakup 94 penerbangan dengan menggunakan data sekunder yaitu laporan harian bandara yang mecakup jumlah perubahan gate, data perubahan gate berdasarkan waktu, perubahan gate berdasarkan durasi waktu delay, jumlah perubahan gate berdasarkan flight number, dan alasan keterlambatan pesawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan penerbangan yang telah diolah yaitu Late Arrival (keterlambatan kedatangan pesawat) 74%, Operational 21% dan Technical Delay 5%, diketahui bahwa gate baru yang paling sering digunakan setelah terjadinya perubahan adalah Gate 3, dengan frekuensi sebanyak 22 kali (23,4%). Strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan alokasi gate terminal domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yaitu, optimalisasi Gate dengan Algoritma Greedy Simulasi alokasi gate menggunakan Greedy Interval Scheduling Algorithm mengoptimalkan perubahan gate sebanyak 24 kali. Kata Kunci: Perubahan Gate, Algotirma Greedy, Optimalisasi Gate, Keterlambatan Penerbangan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD KHAIDIR WIRYAWAN SIREGAR
NIM : 20050063
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025