© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

OPTIMALISASI PERHITUNGAN TURN ARROUND TIME PERAWATAN PESAWAT UDARA C05 -CHECK DENGAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) PADA PESAWAT BOEING 737-900 ER PT. BATAM AERO TECHNIC
Penulis
ALFI DAFFA ISLAMI
Pembimbing : Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M - Sri Mulyani, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Pesawat Boeing 737-900 ER merupakan salah satu jenis pesawat komersial yang banyak dioperasikan di Indonesia. Untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan gangguan sistem, perawatan rutin sangat diperlukan. Ketepatan waktu dan efisiensi dalam proses perawatan menjadi faktor krusial agar pesawat dapat kembali beroperasi sesuai jadwal. Oleh karena itu, diperlukan pengaturan jumlah mekanik yang optimal berdasarkan beban kerja yang ada. Analisis ini menggunakan metode Critical Path Method (CPM), yang melibatkan perhitungan maju dan mundur untuk menentukan jalur kritis (slack). Selanjutnya, analisis dilanjutkan dengan menghitung Turn Around Time (TAT) untuk perawatan C05-Check pada pesawat Boeing 737-900 ER. Hasil perhitungan ini kemudian dibandingkan dengan data dari perusahaan. Berdasarkan analisis TAT menggunakan metode CPM, waktu perawatan yang diperoleh adalah 20,47 hari (dibulatkan menjadi 20), sedangkan perhitungan perusahaan menunjukkan waktu 21,73 hari (dibulatkan menjadi 31 hari). Terdapat selisih waktu TAT antara hasil analisis penulis dan perusahaan selama 3 hari. Dari hasil tersebut, efisiensi TAT untuk perawatan C05-Check mencapai 0,057%. Kata Kunci : Pesawat Boeing 737-900 ER, Perawatan C05-Check, Critical Path Method , Turn Around Time.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ALFI DAFFA ISLAMI
NIM : 24550047
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025