© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

OPTIMASI TURN AROUND TIME (TAT) C-CHECK 04 PADA PESAWAT AIRBUS A320 MENGGUNAKAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM)
Penulis
FADHIL RAHMAN MUCHTI
Pembimbing : Bangga Dirgantara Adiputra, ST, MT - Sri Mulyani, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Perawatan pesawat terbang ditentukan batasan waktu tertentu dalam perawatan, seperti contohnya C-Check 04 yang dilakukan setiap 24 bulan atau 7.500 flight hours atau 5.000 flight cycle untuk pesawat Airbus A320. Dalam prosesnya, perawatan pesawat terbang dituntut untuk memiliki efisiensi yang tinggi. Indikator efisiensi ini disebut dengan Turn Around Time (TAT), yang mana indikator ini merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu aktivitas atau proyek perawatan atau modifikasi pesawat dari tahap awal hingga pesawat laik untuk beroperasi kembali. Perencanaan perawatan pesawat dapat di rencanakan dengan menggunakan metode Critical Path Method (CPM). Metode ini mengidentifikasi jalur kritis pada aktivitas yang ditentukan oleh ketergantungan antar aktivitas sehigga mampu mengoptimasi perawatan pesawat. Pada perawatan C-Check 04 pada pesawat Airbus A320, terdapat 342 Task Cards yang terdiri dari 13 pekerjaan, dimana melalui perhitungan CPM didapatkan hasil TAT CPM sebesar 9,41 hari dan TAT aktual sebesar 11,49 hari. Selisih antara TAT CPM dan TAT aktual yaitu sebesar 2,08 hari, sehingga TAT CPM dapat mengoptimasikan TAT aktual. Kata kunci : Turn Around Time (TAT), C-Check 04, Critical Path Method (CPM)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FADHIL RAHMAN MUCHTI
NIM : 24550051
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025