© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

STUDI ANALISIS MODE KEGAGALAN SISTEM INDIKASI KUANTITAS BAHAN BAKAR PESAWAT (FUEL UNBALANCED) DAN REKOMENDASI PERBAIKAN PADA PESAWAT ATR 72-500/600 MENGGUNAKAN PENDEKATAN FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS)
Penulis
FEBY OLVIANI
Pembimbing : Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M - Agung Prakoso, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Studi ini menganalisis fenomena ketidakstabilan bahan bakar (fuel unbalanced) pada pesawat ATR72-500/600, yang berpotensi memengaruhi keselamatan dan efisiensi penerbangan. Ketidakseimbangan ini terjadi akibat perbedaan jumlah bahan bakar di tangki kiri dan kanan, disebabkan oleh faktor seperti kegagalan sistem transfer, perbedaan konsumsi mesin, serta masalah pada sensor dan komputer utama. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan pengumpulan data melalui observasi, kajian literatur, dan analisis logbook pemeliharaan. Analisis dilakukan menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mengidentifikasi akar penyebab kegagalan. Hasil menunjukkan bahwa faktor utama ketidakseimbangan meliputi kegagalan mekanis pada sistem indikasi kuantitas bahan bakar, katup transfer, serta komponen seperti FQIS dan seal. Mode kegagalan dengan risiko tertinggi adalah perbedaan kuantitas bahan bakar antar tangki (RPN=441) dan pembacaan tidak akurat (RPN=432), sering disebabkan oleh kerentanan pada harness kelistrikan dan sensor. Rekomendasi perbaikan mencakup pemeliharaan preventif, penyempurnaan prosedur troubleshooting, peningkatan pelatihan, dan standarisasi prosedur pengisian bahan bakar. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional penerbangan turboprop regional. Kata Kunci: Ketidakseimbangan Bahan Bakar, Fuel Unbalanced, ATR72-500/600, Sistem Indikasi Kuantitas Bahan Bakar, FMEA, Keselamatan Penerbangan, Pemeliharaan Pesawat.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FEBY OLVIANI
NIM : 24550091
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025