ABSTRAK :
Pertumbuhan sektor transportasi udara di Indonesia yang pesat, terutama di Bandara
Internasional Juanda Surabaya, menyebabkan peningkatan signifikan dalam lalu lintas
pesawat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas runway Bandara Juanda agar
mampu mengakomodasi lonjakan pergerakan pesawat dengan tetap menjaga keselamatan
dan efisiensi operasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan pendekatan DORATASK yang mempertimbangkan waktu penggunaan
runway (Runway Occupancy Time), komposisi pesawat (Aircraft Mix), dan prosedur
separasi. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan selama tujuh hari dan dokumentasi
pergerakan pesawat. Hasil analisis menunjukkan nilai kapasitas teoretis runway berdasarkan
kategori pesawat dan waktu okupansi, serta kapasitas yang dipublikasikan (Declared
Capacity of the Runway/DCR). Penelitian ini memberikan gambaran kapasitas aktual
runway dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam pengambilan keputusan
pengelolaan lalu lintas udara di Bandara Internasional Juanda.
Kata Kunci: Kapasitas Runway, ROT, ROTT, ROTL, DORATASK, Bandara Juanda,
Aircraft Mix
|