© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS KAPASITAS RUNWAY BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI
Penulis
ROLAND ALVIARO TANDI TULAK
Pembimbing : Sri Mulyani, S.T., M. Eng - Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M

ABSTRAK :
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan salah satu bandara dengan lalu lintas penerbangan tersibuk di Indonesia, mengingat letaknya yang strategis sebagai destinasi wisata utama. Salah satu elemen penting dalam sistem operasional bandara adalah landasan pacu (runway), yang berfungsi sebagai tempat pesawat melakukan lepas landas dan pendaratan. Dengan meningkatnya trafik penerbangan, diperlukan analisis kapasitas runway untuk menjamin kelancaran serta keselamatan operasional penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas landasan pacu di Bandara I Gusti Ngurah Rai menggunakan metode DORATASK. Metode ini mempertimbangkan berbagai variabel seperti Runway Occupancy Time (ROT), jenis pesawat, kecepatan pendekatan, serta prosedur separasi antar pesawat. Penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui pengumpulan data primer dan sekunder yang diperoleh dari pihak Air Traffic Control (ATC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu penggunaan landasan (ROT) mencapai 96,378 detik untuk runway 27 dan 94,240 detik untuk runway 09. Berdasarkan metode DORATASK, kapasitas maksimum runway mencapai 32 pergerakan per jam pada kondisi DCR 100%, namun untuk kebutuhan operasional dan publikasi, kapasitas ideal disesuaikan menjadi 80% hingga 90% dari nilai tersebut. Hasil ini diharapkan menjadi referensi dalam perencanaan pengembangan infrastruktur bandara serta pengelolaan lalu lintas udara yang lebih optimal ke depannya. Kata Kunci: Kapasitas Runway, Bandara I Gusti Ngurah Rai, DORATASK, Runway Occupancy Time (ROT).


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ROLAND ALVIARO TANDI TULAK
NIM : 20050030
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025