© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

Analisa Preventive Maintenance VHF-A/G Approach Control Center dari Perspektif Mean Time Between Failure
Penulis
KHOIRUL ANDIAN
Pembimbing : Asst. Prof. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, APEC Eng. - Anggraini Kusumaningrum, S.Kom., M.Cs.

ABSTRAK :
Preventive Maintenance pada perangkat VHF-A/G APP yang digunakan di Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggaraan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) Cabang Semarang untuk memastikan keandalan komunikasi penerbangan antara pilot dan Air Traffic Controller (ATC). Penelitian ini menggunakan pendekatan Mean Time Between Failure (MTBF) untuk mengukur keandalan sistem dan mengoptimalkan jadwal pemeliharaan guna mencegah kegagalan peralatan. Tujuan dari penelitian ini Menganalisis cara penerapan preventive maintenance pada perangkat VHF-A/G APP. dan Menghitung keandalan peralatan menggunakan MTBF di lingkungan Perum LPPNPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Pengumpulan data primer melalui pengamatan langsung pada perangkat komunikasi di Perum LPPNPI Semarang. Pengumpulan data sekunder melalui studi literatur dari buku dan jurnal terkait. Analisis MTBF untuk mengetahui rata-rata waktu antara kegagalan dan meningkatkan efisiensi sistem. hasil dari analisia sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 35 Tahun 2019 tentang Pedoman Teknis Operasional Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 171-12 (Advisory Circular Part 171-12) Prosedur Pemeliharaan dan Pelaporan Fasilitas Telekomunikasi Penerbangan dengan pemeliharaan preventif VHF A/G APP periode bulan Januari-Juni memiliki Availability sebesar 100%, MTBF sebesar 4.380 jam, dan Reliability sebesar 96,41% Kata Kunci: Mean Time Between Failure, Preventive Maintenance, VHF-A/G APP Approac Control Center


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : KHOIRUL ANDIAN
NIM : 20010022
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025