© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS STANDAR DAN KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN TERMINAL KEBERANGKATAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SENTANI
Penulis
JUNNARY SURYA ALAM
Pembimbing : Gunawan, S.T., M.T. - Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M.

ABSTRAK :
Penlitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan terminal keberangkatan di Bandar Udara Internasional Sentani dengan menggunakan regulasi Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 41 Tahun 2023 tentang Pelayanan Jasa Kebandarudaraan di Bandar Udara. Metode analisis yang digunakan adalah Gap Analysis, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Impoertance Performance Analysis (IPA). Hasil Gap Analysis menunjukkan terdapat lima indikator pelayanan yang memiliki nilai gap negatif, anatara lain fasilitas system antrian, suhu ruangan, kondisi toilet, jaringan internet/wi-fi, dan fasilitas air dan mesin penjual minuman (Vending Machine). Hasil analisis CSI menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 87,8%, yang termasuk dalam kategori sangat puas. Hasil analisis IPA menemukan bahwa indikator kuadran I, atau yang harus diperbaiki kinerjanyadan menjadi prioritas utama perusahaan adalah indikator 18 yaitu Kondisi toilet bersih, tidak berbau dan tidak ada genangan air memberikan kenyamanan dan mengurangi resiko kecelakaan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : JUNNARY SURYA ALAM
NIM : 20050102
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025