© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

PENGARUH FASILITAS RUANG TUNGGU DOMESTIK TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG BERDASARKAN PM 41 TAHUN 2023 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA
Penulis
DIFA ALRIFQI NUR TIRMANSYAH
Pembimbing : Elisabeth Anna Prattiwi, ST., M.Sc - Riani Nurdin S.T., M.Sc

ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas ruang tunggu domestik terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Yogyakarta berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (PM) Nomor 41 Tahun 2023 tentang standar pelayanan penumpang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya fasilitas ruang tunggu yang layak dalam mendukung kenyamanan dan kepuasan penumpang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 130 responden. Variabel independen dalam penelitian ini mencakup berbagai fasilitas ruang tunggu seperti musholla, ruang bermain anak, ruang merokok, nursery room, ATM/money changer, internet/wifi, charging station, toilet, fasilitas disabilitas, dan fasilitas penunjang lainnya. Variabel dependen adalah kepuasan penumpang yang diukur melalui tiga indikator: kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, dan kesediaan merekomendasikan. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa fasilitas ruang tunggu domestik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang. Beberapa fasilitas ditemukan masih belum optimal, dan dapat menurunkan tingkat kenyamanan penumpang. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas dan perawatan fasilitas ruang tunggu domestic untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik serta meningkatkan kepuasan pengguna jasa bandara. Kata Kunci: fasilitas ruang tunggu, kepuasan penumpang, PM 41 Tahun 2023, Bandar Udara Internasional Yogyakarta.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DIFA ALRIFQI NUR TIRMANSYAH
NIM : 21050050
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025