ABSTRAK :
Airfoil NACA 4415 merupakan salah satu profil sayap yang umum
digunakan karena kemampuannya menghasilkan gaya angkat yang baik dengan
bentuk yang sederhana. Untuk meningkatkan performa aerodinamikanya, Gurney
flap sebuah pelat kecil di trailing edge dapat ditambahkan guna meningkatkan
gaya angkat tanpa menambah hambatan secara signifikan. Faktor sudut serang
juga memengaruhi karakteristik gaya angkat dan hambat, di mana penambahan
Gurney flap dapat mengubah respons airfoil terhadap sudut serang tertentu.
Penelitian ini menggunakan simulasi numerik dengan perangkat lunak
ANSYS Fluent untuk menganalisis pengaruh Gurney flap terhadap airfoil NACA
4415 pada berbagai sudut serang (4°, 8°, dan 12°). Hasil simulasi menunjukkan
bahwa airfoil NACA 4415 tanpa Gurney flap menunjukkan niali Cl/Cd yang
cukup tinggi pada sudut serang menengah dan menurun pada sudut yang lebih
tinggi. Berdasarkan hasil simulasi numerik, nilai Cl/Cd pada sudut serang 4°, 8°,
dan 12° masing-masing adalah 39,211; 35,461; dan 31,148. Nilai maksimum
terjadi pada sudut 4°, menunjukkan efisiensi aerodinamika terbaik tanpa
tambahan perangkat modifikasi. Pemasangan Gurney flap secara umum
meningkatkan rasio Cl/Cd pada semua sudut serang. Peningkatan paling
signifikan terjadi pada sudut 4°, dengan nilai tertinggi 46,345 pada flap 2%,
menunjukkan efektivitas optimal pada sudut serang menengah. Pada sudut 8° dan
12°, efisiensi aerodinamika tetap meningkat dibanding tanpa Gurney flap.
Penambahan Gurney flap secara konsisten meningkatkan efisiensi aerodinamika
airfoil NACA 4415 pada semua sudut serang yang diuji. Pada sudut 4°, rasio
Cl/Cd meningkat dari 39,211 menjadi 46,345 (sekitar 18,2%), pada 8° dari 35,461
menjadi 42,250 (19,1%), dan pada 12° dari 31,148 menjadi 36,911 (18,5%).
Meskipun peningkatannya tetap terjadi, efektivitas Gurney flap mulai menurun
pada sudut serang tinggi.
Kata Kunci: NACA 4415, Gurney flap, Sudut serang, aerodinamika
|