© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS RELIABILITY AIR CONDITIONING SYSTEM PADA PESAWAT BOEING 737-800 MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)
Penulis
FADILAH FEBRIAWAN
Pembimbing : Dr. Okto Dinaryanto, S.T., M.M., M.Eng. - Benedictus Mardwianta, S.T., M.T.

ABSTRAK :
Pesawat terbang merupakan sarana transportasi berteknologi tinggi yang mengandalkan sistem-sistem terintegrasi untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan operasional. Salah satu sistem penting dalam pesawat, khususnya pada Boeing 737-800, adalah air conditioning system yang termasuk dalam kategori ATA 21. Sistem ini berfungsi mengatur suhu, tekanan, dan sirkulasi udara di kabin serta ruang kargo guna menjaga kenyamanan dan kesehatan penumpang maupun awak pesawat. Analisis dalam penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM), yang merupakan salah satu metode yang umum dipakai dalam penentuan strategi pemeliharaan. Tujuan dari penerapan metode ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat keandalan serta pola-pola kegagalan yang sering terjadi pada sistem air conditioning. Berdasarkan hasil analisis dan jenis kerusakan yang terdeteksi, dapat ditentukan bentuk perawatan yang paling sesuai dan efisien untuk menjaga kinerja sistem tersebut. Hasil analisis reliabilitas pada enam komponen air conditioning system pesawat menunjukkan bahwa seluruhnya memiliki nilai β > 1, menandakan pola kegagalan wear-out akibat keausan. Komponen paling rentan adalah Water Extractor, Ram Air, dan Air Cycle Machine. Nilai Mean Time To Failure (MTTF) menunjukkan rata-rata waktu operasi sebelum kegagalan terjadi berkisar antara 3481 hingga 5485 jam. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan preventive maintenance sebagai strategi pemeliharaan untuk menjaga keandalan dan mencegah kerusakan selama masa operasional komponen.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FADILAH FEBRIAWAN
NIM : 21040004
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025