ABSTRAK :
Penelitian ini mengembangkan sebuah game edukasi berbasis desktop berjudul
SkyLegacy: Virtual Tour Museum dengan pendekatan gamifikasi yang bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman mahasiswa Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto mengenai
sejarah pesawat terbang yang digunakan Marsekal Muda TNI Agustinus Adisoetjipto. Game
ini memanfaatkan elemen-elemen gamifikasi seperti poin, kuis, dan narasi untuk menciptakan
pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Metode pengembangan yang digunakan
meliputi lima tahap: analisis tujuan game, perancangan mekanik, desain elemen permainan,
integrasi kuis, serta pengujian melalui platform Itch.io dan menggunakan mertode pre-test dan
post-test. Hasil pengujian menunjukkan adanya peningkatan Hal ini dibuktikan dengan adanya
pengujian pre-test dan post-test dan mendapatkan hasil nilai rata-rata dari pre-test sebesar
46,42 menjadi 84,54 pada post-test. Artinya, terdapat peningkatan sebesar 38,12 poin, atau
meningkat sebesar 82,14%. Selain itu, tanggapan dari pengguna melalui kuesioner menunjukan
respon yang sangat positif terhadap, untuk keseluruhan dalam game 63,6% responden
menjawab sangat bagus. Penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis
gamifikasi efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman sejarah kedirgantaraan
Indonesia.
|