© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

IMPLEMENTASI GAMIFIKASI DALAM EDUKASI PENGENALAN PESAWAT TERBANG BERSEJARAH YANG DIGUNAKAN OLEH AGUSTINUS ADISOETJIPTO
Penulis
FACHRY PRATAMA JATI
Pembimbing : Salam Aryanto, S.Kom., M.Kom. - Yuliani Indrianingsih, S.T., M.Kom.

ABSTRAK :
Penelitian ini mengembangkan sebuah game edukasi berbasis desktop berjudul SkyLegacy: Virtual Tour Museum dengan pendekatan gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto mengenai sejarah pesawat terbang yang digunakan Marsekal Muda TNI Agustinus Adisoetjipto. Game ini memanfaatkan elemen-elemen gamifikasi seperti poin, kuis, dan narasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Metode pengembangan yang digunakan meliputi lima tahap: analisis tujuan game, perancangan mekanik, desain elemen permainan, integrasi kuis, serta pengujian melalui platform Itch.io dan menggunakan mertode pre-test dan post-test. Hasil pengujian menunjukkan adanya peningkatan Hal ini dibuktikan dengan adanya pengujian pre-test dan post-test dan mendapatkan hasil nilai rata-rata dari pre-test sebesar 46,42 menjadi 84,54 pada post-test. Artinya, terdapat peningkatan sebesar 38,12 poin, atau meningkat sebesar 82,14%. Selain itu, tanggapan dari pengguna melalui kuesioner menunjukan respon yang sangat positif terhadap, untuk keseluruhan dalam game 63,6% responden menjawab sangat bagus. Penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis gamifikasi efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman sejarah kedirgantaraan Indonesia.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FACHRY PRATAMA JATI
NIM : 21030028
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025