ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji performa aerodinamika dan karakteristik
kebisingan dari desain serrated engine cowling pada sistem propulsi Electric Ducted Fan (EDF).
Desain serrated pada cowling bertujuan untuk meningkatkan pencampuran aliran dan
mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh jet, terutama pada frekuensi rendah (< 500 Hz).
Metode yang digunakan meliputi Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan pendekatan
URANS dan model turbulensi SST K- ω untuk analisis aliran, serta metode Ffowcs Williams
Hawkings (FWH) untuk prediksi kebisingan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penggunaan
geometri serrated memberikan pengurangan tingkat tekanan suara (Sound Pressure Level/SPL)
sebesar 2–3 dB dibandingkan dengan desain konvensional, khususnya pada beberapa titik
receiver. Selain itu, aliran pada trailing edge menjadi lebih stabil dan terorganisir, sehingga
mengurangi turbulensi besar yang menjadi sumber utama kebisingan. Penelitian ini mendukung
penggunaan desain pasif seperti serrated cowling untuk meningkatkan performa akustik
pesawat tanpa penalti performa aerodinamika yang signifikan.
Kata Kunci: Serrated cowling, kebisingan jet, SST K – ω, FWH, SPL, EDF.
|