© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

SIMULASI AERODINAMIKA DAN KAJIAN KEBISINGAN DARI DESAIN SERRATED ENGINE COWLING
Penulis
MUHAMMAD YUDI PUTRA PRATAMA
Pembimbing : Lazuardy Rahendra Pinandhita, S.T., M.T - Eli Kumolosari S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji performa aerodinamika dan karakteristik kebisingan dari desain serrated engine cowling pada sistem propulsi Electric Ducted Fan (EDF). Desain serrated pada cowling bertujuan untuk meningkatkan pencampuran aliran dan mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh jet, terutama pada frekuensi rendah (< 500 Hz). Metode yang digunakan meliputi Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan pendekatan URANS dan model turbulensi SST K- ω untuk analisis aliran, serta metode Ffowcs Williams Hawkings (FWH) untuk prediksi kebisingan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penggunaan geometri serrated memberikan pengurangan tingkat tekanan suara (Sound Pressure Level/SPL) sebesar 2–3 dB dibandingkan dengan desain konvensional, khususnya pada beberapa titik receiver. Selain itu, aliran pada trailing edge menjadi lebih stabil dan terorganisir, sehingga mengurangi turbulensi besar yang menjadi sumber utama kebisingan. Penelitian ini mendukung penggunaan desain pasif seperti serrated cowling untuk meningkatkan performa akustik pesawat tanpa penalti performa aerodinamika yang signifikan. Kata Kunci: Serrated cowling, kebisingan jet, SST K – ω, FWH, SPL, EDF.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD YUDI PUTRA PRATAMA
NIM : 20050120
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025