ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab dan dampak dari kegagalan
sistem bahan bakar (fuel system) pada pesawat Airbus A320 selama periode 2020 hingga
2024. Data diperoleh dari FL Technics melalui studi kasus, wawancara teknisi, serta analisis
menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan Functional Hazard Assessment
(FHA). Dari 86 kasus kerusakan yang tercatat, ditemukan bahwa komponen recirculation
valve (22,97) merupakan penyebab utama kegagalan. Analisis FTA mengungkapkan bahwa
top event dipicu oleh 13 intermediate events dan 43 basic events yang berkaitan dengan
kerusakan fisik, kesalahan perakitan, dan kontaminasi bahan bakar. Sementara itu, FHA
menunjukkan bahwa sebagian besar kerusakan tergolong dalam kategori “Major” dengan
potensi risiko terhadap keselamatan penerbangan, termasuk gangguan performa, kehilangan
kendali, dan cedera pada kru serta penumpang. Hasil studi ini menegaskan pentingnya
pemeliharaan preventif dan inspeksi berkala untuk menjamin keandalan sistem bahan bakar
dan keselamatan operasional pesawat Airbus A320.
Kata Kunci: Fuel System, Airbus A320, Fault Tree Analysis, Functional Hazard Assessment,
Recirculation Valve, Fuel Pump
|