© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

STUDY KEGAGALAN FUEL SYSTEM PADA PESAWAT AIRBUS A320 DI PANDANG DARI PENYEBAB DAN EFEK YANG DITIMBULKAN
Penulis
DIDIT AKBAR PRASETYO
Pembimbing : Agung Prakoso, S.T., M.Eng - Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng., Ph.D

ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab dan dampak dari kegagalan sistem bahan bakar (fuel system) pada pesawat Airbus A320 selama periode 2020 hingga 2024. Data diperoleh dari FL Technics melalui studi kasus, wawancara teknisi, serta analisis menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan Functional Hazard Assessment (FHA). Dari 86 kasus kerusakan yang tercatat, ditemukan bahwa komponen recirculation valve (22,97) merupakan penyebab utama kegagalan. Analisis FTA mengungkapkan bahwa top event dipicu oleh 13 intermediate events dan 43 basic events yang berkaitan dengan kerusakan fisik, kesalahan perakitan, dan kontaminasi bahan bakar. Sementara itu, FHA menunjukkan bahwa sebagian besar kerusakan tergolong dalam kategori “Major” dengan potensi risiko terhadap keselamatan penerbangan, termasuk gangguan performa, kehilangan kendali, dan cedera pada kru serta penumpang. Hasil studi ini menegaskan pentingnya pemeliharaan preventif dan inspeksi berkala untuk menjamin keandalan sistem bahan bakar dan keselamatan operasional pesawat Airbus A320. Kata Kunci: Fuel System, Airbus A320, Fault Tree Analysis, Functional Hazard Assessment, Recirculation Valve, Fuel Pump


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DIDIT AKBAR PRASETYO
NIM : 22060003
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025