© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS KERUSAKAN ENGINE PADA PESAWAT BOEING 737-400 MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)
Penulis
ANJASMARA SUKMARISWANTO
Pembimbing : Indro Lukito, S.T., M.Eng - Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng., Ph.D

ABSTRAK :
Pesawat Boeing 737-400 merupakan jenis pesawat komersial yang sudah digunakan secara luas dan memiliki umur operasional yang cukup panjang. Seiring bertambahnya usia dan intensitas operasional, komponen vital seperti engine memerlukan perhatian lebih dalam aspek pemeliharaan dan analisis kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerusakan pada engine Boeing 737-400 menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA), dengan data yang diperoleh dari empat pesawat milik PT. Merpati Maintenance Facility (MMF) selama periode 2020–2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 22 kasus kerusakan teknis engine, dengan dua modus kerusakan utama yaitu igniter plug (18,2%) dan fuel nozzle (13,6%). Melalui metode FTA, ditemukan bahwa top event \"engine tidak menghasilkan thrust sesuai spesifikasi\" dipengaruhi oleh 33 intermediate event dan 39 basic event yang mencakup kerusakan pada sistem pembakaran, kompresi, aliran udara, dan gas buang. Untuk penanganan teknis, referensi Aircraft Maintenance Manual (AMM) digunakan sebagai pedoman perbaikan fuel nozzle dan igniter plug. Penelitian ini menegaskan pentingnya analisis sistematis dalam mengidentifikasi akar penyebab kerusakan engine serta penerapan metode FTA sebagai pendekatan efektif dalam pemeliharaan prediktif pesawat terbang. Kata Kunci: Boeing 737-400, Engine, Fault Tree Analysis, Fuel Nozzle, Igniter Plug, Pemeliharaan Pesawat.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ANJASMARA SUKMARISWANTO
NIM : 22060006
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025