ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kerusakan yang terjadi pada sistem
nose landing gear (NLG) pesawat Boeing 737-800 NG, serta mengidentifikasi akar
penyebabnya menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA). Data kerusakan
dikumpulkan dari PT. GMF AeroAsia selama periode 2017 hingga 2024. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa komponen yang paling sering mengalami kerusakan adalah wheel and
tire dengan persentase sebesar 35.71%, disusul oleh retract actuator dan steering system.
Dengan pendekatan FTA, ditemukan 23 intermediate event dan 36 basic event yang
mengarah pada top event berupa kegagalan sistem NLG. Berdasarkan temuan tersebut,
dilakukan langkah troubleshooting berdasarkan referensi Aircraft Maintenance Manual
(AMM), khususnya untuk komponen dengan tingkat kerusakan tertinggi. Hasil kajian ini
diharapkan dapat menjadi acuan dalam perawatan preventif dan peningkatan keandalan
sistem nose landing gear.
Kata kunci: Nose Landing Gear, Fault Tree Analysis, Boeing 737-800 NG, Kerusakan,
Troubleshooting.
|