© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN NORMAL BRAKING SYSTEM PADA PESAWAT AIRBUS A330-300 MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)
Penulis
CASSANNO MIGUEL MANURUNG
Pembimbing : M. Jalu Purnomo, S.T, M.Eng., Ph.D - Indro Lukito, S.T, M.Eng.

ABSTRAK :
Dalam industri penerbangan, sistem pengereman merupakan komponen krusial yang menjamin keselamatan saat pendaratan dan manuver di darat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegagalan pada sistem pengereman normal pesawat Airbus A330-300 dengan menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA). Penelitian dilakukan di PT. Batam Aero Technic dengan mengumpulkan data perawatan dari tahun 2019 hingga 2025 terhadap tiga unit pesawat Airbus A330-300. Terdapat 79 kasus kegagalan yang berhasil diidentifikasi, dengan tingkat kegagalan tertinggi terjadi pada komponen Pedal Transmitter Unit sebesar 34% dan Brake and Steering Control Unit (BSCU) sebesar 24%. Metode FTA digunakan untuk memetakan hierarki penyebab kegagalan, menghasilkan 26 intermediate event dan 34 basic event yang mengarah pada top event yaitu kegagalan sistem pengereman normal. Penanganan teknis terhadap dua komponen dengan tingkat kegagalan tertinggi dilakukan berdasarkan prosedur dalam Aircraft Maintenance Manual (AMM) Airbus. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan terhadap prosedur perawatan, interval inspeksi, serta peningkatan keandalan sistem. Kata Kunci: Sistem Pengereman Normal, Airbus A330-300, Fault Tree Analysis (FTA), Pedal Transmitter, BSCU, Perawatan Pesawat.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : CASSANNO MIGUEL MANURUNG
NIM : 22060019
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025