ANALISIS KEGAGALAN NORMAL BRAKING SYSTEM PADA
PESAWAT AIRBUS A330-300 MENGGUNAKAN
METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) |
Penulis CASSANNO MIGUEL MANURUNG
Pembimbing : M. Jalu Purnomo, S.T, M.Eng., Ph.D - Indro Lukito, S.T, M.Eng.
|
ABSTRAK :
Dalam industri penerbangan, sistem pengereman merupakan komponen krusial yang
menjamin keselamatan saat pendaratan dan manuver di darat. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kegagalan pada sistem pengereman normal pesawat Airbus A330-300 dengan
menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA). Penelitian dilakukan di PT. Batam Aero
Technic dengan mengumpulkan data perawatan dari tahun 2019 hingga 2025 terhadap tiga
unit pesawat Airbus A330-300. Terdapat 79 kasus kegagalan yang berhasil diidentifikasi,
dengan tingkat kegagalan tertinggi terjadi pada komponen Pedal Transmitter Unit sebesar
34% dan Brake and Steering Control Unit (BSCU) sebesar 24%. Metode FTA digunakan
untuk memetakan hierarki penyebab kegagalan, menghasilkan 26 intermediate event dan 34
basic event yang mengarah pada top event yaitu kegagalan sistem pengereman normal.
Penanganan teknis terhadap dua komponen dengan tingkat kegagalan tertinggi dilakukan
berdasarkan prosedur dalam Aircraft Maintenance Manual (AMM) Airbus. Hasil penelitian
ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan terhadap prosedur perawatan,
interval inspeksi, serta peningkatan keandalan sistem.
Kata Kunci: Sistem Pengereman Normal, Airbus A330-300, Fault Tree Analysis (FTA),
Pedal Transmitter, BSCU, Perawatan Pesawat.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: CASSANNO MIGUEL MANURUNG |
|
NIM |
: 22060019 |
|
Foto |
:  |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|