ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerusakan pada Auxiliary Power Unit (APU)
pesawat Airbus A330-300 dan dampaknya terhadap kinerja operasional. Data kerusakan APU
dikumpulkan dari PT. Batam Aero Technic selama periode 2019-2024, dengan fokus pada
komponen seperti Air Intake Flaps Actuator, Ignition Exciter, dan APU Bleed Valve. Metode
Fault Tree Analysis (FTA) digunakan untuk mengidentifikasi penyebab kerusakan, sementara
Functional Hazard Assessment (FHA) mengklasifikasikan tingkat risiko dan dampaknya
terhadap operasional pesawat, kru, dan penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kerusakan White Smoke at the APU Exhaust dan Ignition Exciter Fault merupakan masalah
yang paling sering terjadi, masing-masing dengan presentase 20%. Analisis FHA
mengkategorikan kerusakan tersebut sebagai minor dan major, dengan dampak mulai dari
ketidaknyamanan penumpang hingga peningkatan beban kerja kru pesawat. Penelitian ini
memberikan rekomendasi untuk pencegahan kerusakan APU di masa mendatang.
Kata Kunci: Auxiliary Power Unit (APU), Airbus A330-300, Fault Tree Analysis (FTA),
Functional Hazard Assessment (FHA), kerusakan komponen, kinerja
operasional.
|