ABSTRAK :
Kurangnya minat generasi muda dalam mempelajari sejarah, khususnya
sejarah perjuangan TNI AU di Lapangan Terbang Maguwo, menjadi tantangan di
era digital saat ini. Media edukasi konvensional dianggap kurang interaktif
sehingga memerlukan pendekatan baru yang lebih menarik, salah satunya melalui
permainan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan permainan
“Battle of Maguwo” sebagai media edukasi sejarah, guna meningkatkan
pemahaman mahasiswa dan masyarakat umum terhadap peristiwa sejarah
Pertempuran Lapangan Terbang Maguwo. Metode yang digunakan adalah
Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep,
perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Data
diperoleh melalui observasi langsung ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara
Mandala, analisis dokumentasi, studi literatur, serta pengujian alpha testing kepada
33 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor
pengetahuan sejarah dari pre-test sebesar 59% menjadi 89% pada post-test setelah
memainkan game. Sebanyak 83% responden menyatakan game menarik dan mudah
dipahami, serta 87% setuju bahwa game mampu menyampaikan materi sejarah
dengan cara yang lebih menyenangkan. Kesimpulannya, penerapan game “Battle
of Maguwo” terbukti efektif sebagai media edukasi sejarah dengan meningkatkan
pemahaman pengguna sebesar 30%, serta mendapat respon positif dalam aspek
fungsionalitas dan pengalaman bermain.
Kata Kunci: Game Edukasi, Sejarah Indonesia, Battle of Maguwo, MDLC
|