© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

PENERAPAN PERMAINAN “BATTLE of MAGUWO” SEBAGAI MEDIA EDUKASI SEJARAH PERTEMPURAN LAPANGAN TERBANG MAGUWO
Penulis
MUHAMMAD RIZKY MAHENDRA
Pembimbing : Salam Aryanto, S.Kom., M.Kom - Nurcahyani Dewi Retnowati, S.Far.Apt, M.T

ABSTRAK :
Kurangnya minat generasi muda dalam mempelajari sejarah, khususnya sejarah perjuangan TNI AU di Lapangan Terbang Maguwo, menjadi tantangan di era digital saat ini. Media edukasi konvensional dianggap kurang interaktif sehingga memerlukan pendekatan baru yang lebih menarik, salah satunya melalui permainan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan permainan “Battle of Maguwo” sebagai media edukasi sejarah, guna meningkatkan pemahaman mahasiswa dan masyarakat umum terhadap peristiwa sejarah Pertempuran Lapangan Terbang Maguwo. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Data diperoleh melalui observasi langsung ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, analisis dokumentasi, studi literatur, serta pengujian alpha testing kepada 33 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor pengetahuan sejarah dari pre-test sebesar 59% menjadi 89% pada post-test setelah memainkan game. Sebanyak 83% responden menyatakan game menarik dan mudah dipahami, serta 87% setuju bahwa game mampu menyampaikan materi sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan. Kesimpulannya, penerapan game “Battle of Maguwo” terbukti efektif sebagai media edukasi sejarah dengan meningkatkan pemahaman pengguna sebesar 30%, serta mendapat respon positif dalam aspek fungsionalitas dan pengalaman bermain. Kata Kunci: Game Edukasi, Sejarah Indonesia, Battle of Maguwo, MDLC


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD RIZKY MAHENDRA
NIM : 21030030
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025