© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS ENGINE BLEED TRIP PADA PESAWAT B737 800/900ER MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
ACHMAD YUDHA IRADHAT
Pembimbing : Bangga Dirgantara Adiputra, ST, MT - Sri Mulyani, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Permasalahan engine bleed trip pada pesawat boeing B737-800/900ER di suatu airline merupakan isu penting yang berpotensi mengancam keselamatan penerbangan. Engine bleed trip adalah indikasi terjadinya kegagalan sistem dalam mengatur temperatur dan tekanan. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja sistem lainnya yang mengandalkan output dari engine bleed system seperti sistem tekanan kabin, sistem pemanas dan sistem lainnya yang menggunakan pneumatik sebagai sumber penggeraknya. Apabila engine bleed trip terjadi maka sumber pneumatik terhenti, sehingga sistem tekanan kabin bermasalah dan dapat mempengaruhi kemampuan pesawat untuk mempertahankan tekanan kabin pada ketinggian di atas normal dari kemampuan bertahan hidup penumpang. Salah satu penyebab terjadinya adalah gagalnya sensor 390F thermostat untuk melepas udara, sehingga menyebabkan temperatur pada engine bleed sistem terus naik, dan akhirnya trip. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami cara kerja dari engine bleed system, mampu mengidentifikasi faktor terjadinya engine bleed trip, mampu melakukan pencegahan terjadinya engine bleed trip, serta mampu menentukan metode yang efektif dalam melakukan troubleshooting. Metode penelitian yang dilakukan dengan pengumpulan data pada log book pesawat, menganilisis faktor terjadinya engine bleed trip menggunakan metode fault tree analysis, melakukan observasi langsung untuk proses troubleshoot menggunakan pneumatic test kit. Hasil dari penelitian ini terdapat pergantian komponen yang didominasi oleh 390F Thermostat, Dengan menggunakan metode fault tree analysis kita dapat mengidentifikasi penyebab utama terjadinya engine bleed trip, dengan menggunakan pneumatic test kit kita dengan mudah mengidentifikasi komponen mana yang bermasalah dari hasil nilai limitasi pressure control untuk komponen-komponen terkait yang berada di engine bleed system. Dengan melakukan perawatan secara berkala dapat mencegah dan mengurangi terjadinya engine bleed trip dikemudian hari. Kata kunci : Engine bleed trip, 390F Thermostat, Pneumatik, Engine bleed system


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ACHMAD YUDHA IRADHAT
NIM : 24550095
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025