ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji performa sistem tilt-rotor skala kecil dengan
menggunakan propeller berukuran 2,5 inci pada berbagai sudut orientasi untuk mendukung
konsep pesawat Vertical Takeoff and Landing (VTOL). Pengujian dilakukan menggunakan
alat Tilt-Thrust Test-Bench dengan variasi sudut kemiringan rotor sebesar 0°, 30°, 45°, 60°,
dan 90°, serta lima tingkat putaran motor (RPM) untuk mengetahui perubahan nilai gaya
dorong (thrust) dan gaya angkat (lift). Hasil pengujian menunjukkan bahwa gaya dorong
maksimum terjadi pada sudut 0°, dengan thrust mencapai 0,48069 Newton pada 16.000
RPM. Nilai thrust menurun seiring bertambahnya sudut tilt, dan pada sudut 90° thrust
horizontal tidak lagi terdeteksi karena seluruh gaya berubah menjadi lift. Sebaliknya, gaya
angkat meningkat seiring peningkatan sudut tilt, dengan nilai maksimum 0,4905 Newton
pada sudut 90°. Tren ini menggambarkan distribusi vektor gaya propulsi yang berubah dari
horizontal (thrust) ke vertikal (lift) sesuai dengan orientasi rotor. Penelitian ini membuktikan
bahwa sistem tilt-rotor mampu menjalankan fungsi transisi VTOL secara efektif dalam skala
kecil. Hasil pengujian ini dapat dijadikan acuan dalam perancangan dan pengembangan UAV
dengan kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal
|