© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS KARAKTERISTIK AIRFOIL NACA 6409 DENGAN PENAMBAHAN SLAT PADA VARIASI SUDUT SERANG MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC
Penulis
MIGUEL EGA AGITAVIAN COLO
Pembimbing : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T - Raden Nur Akhmad Triwibowo, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
Airfoil NACA 6409 banyak digunakan pada pesawat ringan, glider, dan UAV karena mampu menjaga aliran laminar pada kecepatan rendah. Namun, performanya menurun pada sudut serang tinggi akibat stall. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penambahan slat terhadap karakteristik aerodinamika NACA 6409 menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan variasi sudut serang sebagai parameter utama. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan slat meningkatkan koefisien angkat (CL) secara signifikan pada sudut 11°–15°, dari 1,36–1,42 menjadi 1,51–1,75. Koefisien hambat (CD) juga lebih rendah dengan slat, yaitu 0,057–0,074 dibandingkan tanpa slat 0,06–0,1. Efisiensi aerodinamika (CL/CD) tertinggi terjadi pada sudut 5°, namun pada sudut 13°–15°, konfigurasi dengan slat menunjukkan efisiensi lebih stabil. Tanpa slat, airfoil mengalami gejala stall lebih awal, sedangkan slat mampu menundanya hingga sudut 15°. Penambahan slat terbukti efektif meningkatkan performa aerodinamika dan memperluas rentang sudut operasi yang optimal. Kata Kunci: NACA 6409, slat, sudut serang, CFD, efisiensi aerodinamika, stall


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MIGUEL EGA AGITAVIAN COLO
NIM : 21240008
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025