© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN INCLINED SERRATION FLAT-PLATE PADA TRAILING EDGE PROPELLER TERHADAP TINGKAT KEBISINGAN DAN NILAI THRUST
Penulis
FIRLIANDINI PRALINDA SUNDARI
Pembimbing : Dr. Okto Dinaryanto, S. T., M. M., M. Eng. - Elisabeth Anna Prattiwi, S. T., M. Sc.

ABSTRAK :
Meningkatnya penggunaan drone di Indonesia berpotensi menimbulkan polusi suara akibat kebisingan propeller. Salah satu metode pengurangan kebisingan yang banyak diteliti yaitu modifikasi trailing edge propeller. Noda dkk. (2019) berhasil menurunkan tingkat kebisingan pada RPM rendah dengan menambahkan serrated gurney flap, namun metode ini kurang efektif untuk kecepatan tinggi. Salah satu faktor yang belum dipertimbangkan adalah sudut pemasangan serration. Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai Sound Pressure Level (SPL) dan nilai thrust yang dihasilkan propeller sebelum dan sesudah penambahan inclined serration flat-plate berdimensi h = 0,2c, λ/h = 0,9, dan dipasang dengan sudut 12˚. Pengujian dilakukan secara komputasional menggunakan metode frozen rotor dan model turbulensi k-ω SST pada kondisi udara ideal. Analisis akustik menggunakan analogi Ffwocs-William and Hawking dilakukan penempatan receiver sesuai ISO 3745 Annex C Tahun 2003 dengan r = 0,38D. Propeller diuji pada kecepatan 1000 RPM, 5000 RPM, dan 10000 RPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thrust setelah ditambahkan serration meningkat di seluruh variasi kecepatan dengan kenaikan maksimum sebesar 41,707% pada kecepatan 10.000 RPM. Sedangkan SPL mengalami penurunan pada beberapa rentang frekuensi dalam sebuah receiver, meskipun demikian tren peningkatan SPL terhadap frekuensi lebih dominan dan menyebabkan kenaikan OASPL hingga 3,4 dB pada kecepatan 10.000 RPM.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FIRLIANDINI PRALINDA SUNDARI
NIM : 20050068
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025