ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN INCLINED SERRATION
FLAT-PLATE PADA TRAILING EDGE PROPELLER TERHADAP
TINGKAT KEBISINGAN DAN NILAI THRUST |
Penulis FIRLIANDINI PRALINDA SUNDARI
Pembimbing : Dr. Okto Dinaryanto, S. T., M. M., M. Eng. - Elisabeth Anna Prattiwi, S. T., M. Sc.
|
ABSTRAK :
Meningkatnya penggunaan drone di Indonesia berpotensi menimbulkan polusi suara
akibat kebisingan propeller. Salah satu metode pengurangan kebisingan yang banyak diteliti
yaitu modifikasi trailing edge propeller. Noda dkk. (2019) berhasil menurunkan tingkat
kebisingan pada RPM rendah dengan menambahkan serrated gurney flap, namun metode
ini kurang efektif untuk kecepatan tinggi. Salah satu faktor yang belum dipertimbangkan
adalah sudut pemasangan serration. Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai Sound
Pressure Level (SPL) dan nilai thrust yang dihasilkan propeller sebelum dan sesudah
penambahan inclined serration flat-plate berdimensi h = 0,2c, λ/h = 0,9, dan dipasang
dengan sudut 12˚. Pengujian dilakukan secara komputasional menggunakan metode frozen
rotor dan model turbulensi k-ω SST pada kondisi udara ideal. Analisis akustik menggunakan
analogi Ffwocs-William and Hawking dilakukan penempatan receiver sesuai ISO 3745
Annex C Tahun 2003 dengan r = 0,38D. Propeller diuji pada kecepatan 1000 RPM, 5000
RPM, dan 10000 RPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thrust setelah ditambahkan
serration meningkat di seluruh variasi kecepatan dengan kenaikan maksimum sebesar
41,707% pada kecepatan 10.000 RPM. Sedangkan SPL mengalami penurunan pada
beberapa rentang frekuensi dalam sebuah receiver, meskipun demikian tren peningkatan
SPL terhadap frekuensi lebih dominan dan menyebabkan kenaikan OASPL hingga 3,4 dB
pada kecepatan 10.000 RPM.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: FIRLIANDINI PRALINDA SUNDARI |
|
NIM |
: 20050068 |
|
Foto |
:  |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|