ABSTRAK :
variasi sudut Gurney flap terhadap karakteristik aerodinamika airfoil NACA 2412
menggunakan metode simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD). Gurney flap merupakan
modifikasi kecil pada trailing edge airfoil yang dapat meningkatkan koefisien lift (CL) tanpa
peningkatan signifikan pada koefisien drag (CD). Dalam studi ini, variasi sudut Gurney flap
yang dianalisis meliputi 45°, 90°, dan 135°, dengan pengujian dilakukan pada sudut serang
(AoA) 5°, 10°, dan 15° pada kecepatan aliran 45,28 m/s. Hasil simulasi menunjukkan bahwa
konfigurasi Gurney flap dengan sudut 90° memberikan performa aerodinamis terbaik, ditandai
dengan nilai CL dan rasio efisiensi aerodinamis (CL/CD) tertinggi. Validasi terhadap data
eksperimen menunjukkan tingkat error di bawah 30%, yang membuktikan bahwa simulasi
yang dilakukan cukup akurat. Simulasi ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan
desain airfoil yang lebih efisien, terutama dalam aplikasi pesawat ringan dan UAV.
Kata kunci: Airfoil NACA 2412, Gurney flap, sudut serang, CFD, aerodinamika, CL, CD.
|