© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS FUEL TANKERING BOEING 737-800 NG PADA RUTE PONTIANAK-CENGKARENG-SURABAYA DENGAN REGRISTASI PESAWAT PK-LKH DAN PK-GMX
Penulis
FIQRI AKMANUL ICHSAN
Pembimbing : Lazuardy Rahendra Pinandhita, S.T., M.T. - Fajar Khanif Rahmawati S.T., M.M.

ABSTRAK :
Salah satu elemen krusial dalam pengelolaan bahan bakar penerbangan adalah fuel tankering. Fuel tankering merupakan praktik pengisian tangki bahan bakar pesawat dalam jumlah yang melebihi kebutuhan minimum untuk suatu rute penerbangan tertentu. Strategi ini diterapkan guna menghindari pembelian bahan bakar di bandara tujuan yang memberlakukan tarif lebih tinggi, atau di lokasi dengan harga bahan bakar yang kurang ekonomis. Terdapat dua bentuk utama dari praktik ini, yaitu full tankering dan partial tankering. Dari hasil penelitian bahwa saat tidak melakukan fuel tankering maka pesawat PK-LKH menghabiskan biaya bahan bakar Rp. 260520119 sedangkan dengan melakukan partial tankering maka menghabiskan biaya bahan bakar Rp. 197037352 maka didapat penghematan bahan bakar sebesar 76%. Allowed Load tak fuel tangkering untuk rute PNK-CGK yaitu 18268 kg dan CGK-SUB yaitu 18268 kg sedangkan dengan fuel tankering 14589 kg. Saat tidak melakukan fuel tankering maka pesawat PK-GMX menghabiskan biaya bahan bakar Rp. Rp. 262417516 sedangkan dengan melakukan partial tankering maka menghabiskan biaya bahan bakar Rp. 190745151 maka didapat penghematan bahan bakar sebesar 73%. Allowed Load tak fuel tangkering untuk rute PNK-CGK yaitu 18.077 kg dan CGK-SUB yaitu 18077 kg sedangkan dengan fuel tankering 14291,5 kg.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FIQRI AKMANUL ICHSAN
NIM : 18050096
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025