ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja J&T Cargo Cabang Limpung Batang
Jawa Tengah, Batang, Jawa Tengah menggunakan metode Balanced Scorecard yang mencakup
empat perspektif, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan
pertumbuhan. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif melalui observasi, wawancara,
dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima indikator yang dianalisis,
hanya empat indikator yang telah memenuhi atau melampaui standar yang ditetapkan. Net Profit
Margin tercatat belum memenuhi atau melampaui standar yang ditetapkan, Net Profit Margin
sebesar 16,63%, sedangakan standar minimum sebesar ≥ 17%. Empat indikator yang telah
memenuhi atau melampaui standar yang ditetapkan adalah Indeks Kepuasan Pelanggan sebesar
1.425 poin, tingkat ketepatan pengiriman sebesar 91,25% Indeks Kepuasan Karyawan sebesar
352 poin, dan produktivitas karyawan sebesar Rp 346.166. Dengan pencapaian ini, kinerja J&T
Cargo Cabang Limpung Batang Jawa Tengah, Batang, Jawa Tengah dinyatakan sangat baik,
dengan tingkat keberhasilan keseluruhan sebesar 80%.
Kata kunci: Balanced Scorecard, kinerja perusahaan, kepuasan pelanggan, produktivitas
karyawan.
|