© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

ANALISIS KEANDALAN SISTEM PNEUMATIC PADA PESAWAT BOEING 737-800 NG
Penulis
MUHAMMAD REZKY
Pembimbing : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T - Nurfi Ahmadi, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Peraturan Menteri Perhubungan PM 107 tahun 2015 mewajibkan perusahaan penerbangan untuk memantau dan memperbaiki program perawatan pesawat guna menjaga kelaikan terbang. Dalam hal ini metode Realibility Centered Maintenance (RCM) untuk menganalisis dan memperbaiki masalah pada sistem pneumatik pesawat Boeing 737-800 NG, memastikan perawatan yang tepat dan mengurangi risiko kerusakan.Penelitian ini fokus pada mengidentifikasi keandalan High Stage Valve (HSV) pada Boeing 737-800 NG dan menentukan Mean Time To Failure (MTTF). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keandalan komponen High Stage Valve (HSV) pada pesawat Boeing 737-800 NG semakin menurun seiring bertambahnya usia komponen, yang dipengaruhi oleh peningkatan jumlah jam terbang. Berdasarkan perhitungan Mean time to failure (MTTF), rata-rata masa operasional komponen HSV ini adalah 13.033,69 jam terbang sebelum mengalami kegagalan, menunjukkan bahwa komponen ini dapat berfungsi dengan baik hingga mencapai durasi tersebut sebelum mulai mengalami penurunan keandalan. Kata kunci : Boeing 737-800 NG, High Stage Valve, Realibility Centered Maintenance, Mean Time To Failure


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD REZKY
NIM : 18040025
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025