© jkj,gwww.itda.ac.id 2025

Detail Skripsi

EFEK VARIASI SUDUT SWEEP DAN TOE TERHADAP PERFORMA WINGLET PESAWAT HERCULES-130J MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC(CFD)
Penulis
NURUL HUDA
Pembimbing : Nurfi Ahmadi, S.T., M.Eng. - Dr. Okto Dinaryanto, S.T., M.M., M.Eng.

ABSTRAK :
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh variasi sudut sweep dan toe pada winglet pesawat Hercules C-130J terhadap performa aerodinamis menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Desain model sayap dan winglet dibuat dengan skala 1:20 menggunakan perangkat lunak SolidWorks, dengan airfoil NACA 64A-318 pada wing root dan NACA 64A-412 pada winglet. Simulasi dilakukan menggunakan ANSYS Fluent pada kecepatan 73,5 m/s dan sudut serang 3°, dengan variasi sudut sweep sebesar 15° dan 30°, serta sudut toe sebesar -1°, -3°, dan -5°. Hasil simulasi menunjukkan bahwa konfigurasi tanpa winglet justru memberikan nilai koefisien angkat (Cl) tertinggi sebesar 0,1717 dan koefisien hambat (Cd) terendah sebesar 0,00545. Penambahan winglet tidak selalu meningkatkan performa aerodinamika beberapa konfigurasi malah menunjukkan penurunan efisiensi. Namun demikian, kombinasi tertentu seperti sweep 30° dan toe -1° mendekati performa optimal. Rasio Cl/Cd tertinggi tercapai pada konfigurasi tanpa winglet sebesar 31,49. Penelitian ini menegaskan bahwa desain winglet harus diperhitungkan secara cermat karena tidak semua variasi menghasilkan peningkatan performa. Hasil ini dapat menjadi referensi dalam pengembangan desain winglet yang lebih efisien untuk pesawat angkut jarak jauh.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : NURUL HUDA
NIM : 21040018
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2025