ANALISIS RELIABILITY START VALVE PADA ENGINE CFM
56-5B MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODE
EFFECT ANALYSIS) |
Penulis ZAQLY ACHMAD IMAM BAIQUNY
Pembimbing : Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M - Agung Prakoso, S.T., M.Eng
|
ABSTRAK :
Start Valve merupakan salah satu komponen penting yang harus selalu dalam kondisi
serviceable apabila pesawat akan terbang. Kegagalan Start Valve akan berdampak pada kegagalan
proses start engine sehingga menyebabkan keterlambatan (delay) ataupun pembatalan penerbangan
(cancle flight). Pada tugas akhir ini penulis akan menganalisa tingkat keandalan dan mengidentifikasi
perawatan yang sesuai untuk komponen Start Valve pada Engine CFM 56-5B Airbus A320 dengan
menggunakan metode kualitatif (Failure Mode Effect and Analysis) FMEA dan metode kuantitatif (Risk
Priority Number) RPN. Hasil dari Analisa penyebab failure pada komponen Start Valve menunjukkan
“Switch Assy” menjadi tingkat kegagalan tertinggi dengan 11 kegagalan dan nilai RPN sebesar 704, lalu
“Diaphragm” dengan tingkat kegagalan 5 kali kegagalan dengan nilai RPN sebesar 315. Lalu pada
“Torsion Spring” dengan 3 kejadian dan nilai RPN sebesar 270 dan nilai kegagalan terendah pada
“Clamp” terjadi 4 kegagalan dengan nilai RPN sebesar 80. Berdasarkan hasil analisis tersebut, strategi
perawatan yang direkomendasikan untuk menjaga performa dan keandalan Start Valve adalah
Corrective Maintenance pada clamp, Preventive Maintenance pada torsion spring, dan Predictive
Maintenance pada diaphragm dan switch assy.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ZAQLY ACHMAD IMAM BAIQUNY |
|
NIM |
: 23550100 |
|
Foto |
:  |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|